Sukses

Lifestyle

Ngeuyeuk Seureuh, Salah Satu Tahap Pernikahan Adat Sunda

Jika Ladies dan pasangan memiliki rencana untuk menikah dengan resepsi adat sunda, ada baiknya Anda mengetahui langkah atau tahapan dari pernikahan adat Sunda, sekaligus dengan makna-makna yang terkandung di dalam tahapan-tahapan tersebut.

Salah satu tahap yang harus dilalui dalam pernikahan adat masyarakat Sunda adalah Ngeuyeuk Seureuh. Seperti disalir dari laman mypotret.wordpress.com, prosesi ini bisa dianggap sangat penting karena upacara ini sarat dengan nilai filosofis tinggi dan berisi petuah serta pendidikan terkait hubungan suami istri.

Upacara ini sendiri dipimpin oleh seorang pangeuyeuk, atau bisa juga dimaknai sebagai yang dituakan, yang akan memberikan petuah atau nasihat yang berguna tentang bagaimana menjalani kehidupan rumah tangga. Uniknya, upacara ini banyak menggunakan beragam simbol dan perlambang tertentu yang diperagakan.

Menurut informasi yang disalir dari laman bimbingan.org, setelah pemberian wejangan yang berguna dari sang pangeuyeuk, kedua calon mempelai diminta untuk memohon doa restu dari orang tua masing-masing.

Ditambahkan laman sanggar-indrakusuma.com bahwa upacara ngeuyeuk seureuh ini biasanya juga diiringi oleh alunan musik tradisional Sunda seperti petikan kecapi dan tiupan seruling. Tak lupa, tentu saja, senandung lembut dari kidung tradisional budaya Sunda.

Nah, itulah sedikit ulasan terkait upacara Ngeuyeuk Seureuh yang menjadi salah satu tahap dari upacara pernikahan adat Sunda. Semoga bermanfaat ya, Ladies.

Oleh : Agatha Adventina K

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading