Sukses

Lifestyle

Ngeuyeuk Seureuh di Pernikahan Adat Sunda

Berbicara tentang prosesi pernikahan adat sunda, ada sebuah prosesi inisiasi yang ada di runtutan upacara pernikahan ini. Tahap ini disebut sebagai ngeuyeuk seureuh. Dijelaskan dalam laman kamus-sunda.com, ngeuyeuk seureuh adalah tahap yang dilakukan di malam sebelum akad nikah dilangsungkan.

Bagaimana ya tahap tahap prosesi ngeuyeuk seureuh ini? Seperti yang dilansir di rt6cbr.blogspot.com dan salangit.wordpress.com, proses ngeuyeuk seureuh ini dipimpin oleh seorang pengeuyeuk. Kemudian pengeuyeuk mewejangi kedua calon mempelai untuk meminta ijin dan restu kepada kedua orang tuanya. Selanjutnya pengeuyeuk akan mengiringi kedua mempelai dengan menyanyikan sebuah kidung.

Lalu, kedua orang tua mempelai akan menyawer kedua mempelai dengan beras dengan harapan dapat hidup dengan sejahtera. Dan mengeprak dengan sapu lidi yang disertai dengan nasihat agar memupuk kasih sayang dan giat bekerja.

Kemudian, calon mempelai akan membuka kain putih yang menutupi pengeuyeuk sebagai simbol bahwa pernikahan yang akan dibina belum ternoda. Lalu, calon pengantin pria akanmembelah mayang jambe dan buah pinang dengan harapan bahwa kedua mempelai akan dapat menyesuaikandiri satu sama lain dan menumbukkan alu ke dalam lumpang sebanyak tiga kali.

Itulah tahap prosesi ngeuyuk seuruh Ladies. Memang banyak yang perlu disiapkan Ladies, namun demi hari yang paling bahagia, prosesi ini sangat layak untuk dilakukan lho Ladies. Jadi, jangan ragu ya untuk menggunakan adat Sunda di hari pernikahan anda.

Oleh: Agatha Adventina K.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading