Sukses

Lifestyle

Kebaya Encim sebagai Kebaya Akad Nikah Anda

Kebaya encim merupakan salah satu jenis kebaya yang popular di kalangan masyarakat Indonesia. Desainnya yang simpel dan warna-warnanya yang terang membuatnya mudah diterima khalayak. Bagi Anda yang malas memakai kebaya dengan desain rumit, kebaya encim bisa menjadi alternatif sebagai pilihan kebaya akad nikah Anda.

Ngomong-ngomong, kebaya encim itu seperti apa sih? Seperti dilansir blog.tuneeca.com, kebaya encim adalah kebaya yang lahir karena adanya proses akulturasi dengan budaya Cina. Budaya Cina mungkin menjadi budaya tertua di dunia yang penyebarannya sangat luas. Penyebaran budaya Cina yang kebanyakan dilakukan oleh pedagang pada akhirnya sampai juga di Indonesia. Aktifitas perdagangan ini membawa gelombang imigrasi yang pekat sehingga memunculkan budaya baru. Budaya peranakan ini salah satunya adalah kebaya encim, yang kala itu banyak dipakai oleh wanita peranakan.

Menurut jahitkebaya.net, kebaya encim juga sering disebut dengan kebaya ‘nyonya’. Tentu saja nama ‘nyonya’ diberikan karena wanita peranakan yang tinggal di daerah koloni Inggris Malanya dipanggil dengan sebutan ‘nyonya’. Kebaya sendiri merupakan busana nasional yang lahir dari Kerajaan Majapahit.

Di Indonesia, kebaya encim kebanyakan berwarna putih, sangat bertolak belakang dari filosofi Tionghoa yang beranggapan bahwa warna putih melambangkan ‘duka’. Namun, karena budaya peranakan juga memiliki pengaruh dari budaya Eropa, maka warna putih pada kebaya encim dinilai sangat lazim.

Karena kebaya encim kebanyakan terbuat dari katun, biasanya kebaya ini tidak memiliki detail payet tetapi berhias bordir di pinggirannya. Kesederhanaan kebaya encim membuatnya layak menjadi pilihan kebaya akad nikah bagi Anda yang tidak mau ribet, namun ingin tetap terlihat stylish dan tetap anggun. Nah, Ladies, kebaya encim patut dipertimbangkan, bukan?

Oleh: Clara Marhaendra Wijaya

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading