Sukses

Lifestyle

Mengetahui Makna dari Seserahan Lamaran

Tidak hanya proses acara dalam pernikahan, tapi juga proses menuju pernikahan memiliki makna masing-masing. Salah satunya adalah seserahan lamaran. Seserahan lamaran bukan hanya tentang membawa barang-barang yang akan dibutuhkan dalam rumah tangga setelah menikah, lho. Ada hal lain yang sebenarnya menjadi alasan adanya seserahan lamaran.

Seserahan bertujuan sebagai simbol yang bisa membawa pesan penting. Dalam laman thehouseofseserahan.blogspot.com disebutkan bahwa satu pesan yang dibawa dalam seserahan adalah simbol bekal kedua mempelai yang akan menuju hidup rumah tangga.

Barang-barang yang dipilih adalah kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan seperti ini untuk mengingatkan bahwa dalam pernikahan kedua mempelai harus mengingat kebutuhan, bukan hanya hati tapi juga materi.

Pernikahan adalah awal mula kehidupan mandiri dalam keluarga baru Ladies. Langsiran dari laman salwedding.com menyebutkan bahwa seserahan adalah simbol tanggung jawab dari mempelai pria kepada pihak mempelai wanita, khususnya orang tua mempelai.

Hal tersebut menunjukkan bahwa isi seserahan dipilih dan dibeli dari pihak mempelai pria. Namun, sering juga pihak mempelai wanita membantu memilih barang seserahan agar sesuai dengan kebutuhan mempelai wanita.

Alasan lain adanya seserahan lamaran adalah ramah tamah yang dibawa untuk mendekatkan kedua keluarga mempelai, seperti yang disebutkan dalam laman preweddingkuok.com. Ramah tamah ini disuguhkan sebelum acara pernikahan dilaksanakan agar ketika hari besar tiba, kedua keluarga akan merasa familiar dan tidak canggung satu sama lain.


oleh: Kintan Umari P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading