Sukses

Lifestyle

Pernikahan Dini dan Hubungannya dengan Kesehatan Reproduksi

Pro kontra isu sosial pernikahan dini memang marak dibicarakan oleh para tokoh masyarakat. sebagian menyatakan pernikahan dini baik untuk menghindari remaja dari berzina, namun tak sedikit yang menentak praktek ini. Simak pernikahan dini dan hubungannya dengan kesehatan reprosuksi berikut ini.

Salah satu dampak dari pernikahan dini bagi gadis di bawah umur adalah tentang kesehatan reproduksi. Berdasarkan laman www.bimbingan.org bahwa akibat pernikahan dini bagi kesehatan reproduksi sangat beragam dan membahayakan.

Sudah sepantasnya gadis belia yang masih dibawah umur tidak dipaksa untuk menikah dini. Jika dipaksakan akan berakibat buruk bagi kesehatan reproduksi gadis itu. Si gadis akan mengalami rasa sakit yang luar biasa saat berhubungan intim, bisa juga terjadi trauma yang mendalam bagi si gadis.

Jika hubungan intim itu tetap dipaksakan akan terjadi perobekan yang cukup lebar dan bisa terjadi infeksi. Meskipun gadis tersebut sudah mengalami masa menstruasi dan secara fisik telah siap menjadi istri dan ibu, namun mental dan psikisnya masih belum cukup matang.

Untuk itulah Moms, penting sekali memberikan pengetahuan kepada anak-anak Moms tentang bahaya seks bebas di usia remaja. Dengan bebas dari seks bebas, maka remaja belia Moms tidak akan pernah mengalami nikah muda.

Oleh: Alvina Mirzatul F

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading