Sukses

Lifestyle

Seserahan Pada Pernikahan Adat Sunda

Ladies, tentunya Ladies sudah sering mendengar istilah seserahan. Seserahan adalah barang-barang yang diserahkan calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin wanita sebelum acara pernikahan. Makanya, yuk kita intip isi seserahan yang biasa diberikan pihak mempelai laki-laki pada pernikahan adat Sunda.

Seserahan, seperti informasi yang disalir dari laman uwalengser.wordpress.com, dulunya bukanlah sesuatu hal yang wajib ada pada prosesi pernikahan. Namun seiring berkembangnya jaman, hal ini menjadi sesuatu yang bahkan menjadi bagian dari suatu prosesi pernikahan. Dalam adat Sunda, pemberian seserahan biasanya dilakukan tiga hingga tujuh hari sebelum akad nikah dan diberikan melalui prosesi upacara yang disebut ngeuyeuk seureuh.

Barang-barang yang dijadikan sebagai seserahan biasanya beraneka ragam, Ladies. Menurut saliran dari laman fotocitraproduction.blogspot.com, isi seserahan tersebut biasanya berupa uang tunai, peralatan ibadah, pakaian, perabotan rumah tangga, alat-alat dapur, makanan, dan atau berbagai benda lainnya. Kadang pihak pengantin perempuan pun juga bisa meminta syarat sesuatu sebagai seserahan, misalnya sebuah rumah, kendaraan, atau barang-barang lain.

Menurut informasi yang disalir dari laman bimbingan.org, yang unik dari tahap pemberian seserahan pada adat Sunda adalah upacara ngeuyeuk seureuh ini sendiri tidak wajib dilakukan. Artinya, jika tahap prosesi ini tidak dilakukan, pemberian seserahan bisa dilaksanakan sesaat sebelum acara pernikahan.

Demikian sedikit ulasan tentang seserahan pada adat Sunda, semoga bermanfaat ya Ladies.

Oleh: Satria Akbar Sigit

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading