Sukses

Lifestyle

Rangkaian Pernikahan Adat Sunda

Seperti yang sudah diketahui Ladies, Indonesia memiliki berbagai macam budaya yang memiliki cara cara tertentu dalam melaksanakan pernikahan. Di dalam adat Sunda khususnya, rangkaian pernikahan adat sunda tidak mudah untuk dilaksanakan.

Seperti yang dilangsir dari laman webway.com.au, pernikahan adat Sunda memiliki empat tahap inti. Tahap-tahap tersebut mencakup tahap penyucian, akad nikah, upacara tradisional, dan pesta.

Mari membuka tahap tersebut satu demi satu ya Ladies. Tahap pertama adalah tahap penyucian. dalam tahap ini, calon mempelai akan melakukan upacara siraman yang akan dilaksanakan sehari sebelum akad nikah dilaksanakan. Prosesi ini dilakukan dengan maksud untuk membersihkan diri calon mempelai secara jasmani dan rohani.

Tahap kedua adalah akad nikah. Dalam tahap inilah mempelai pria akan mengucapkan janji kepada Tuhan dan orang tua mempelai wanita. Prosesi ini dapat dilaksanakan di masjid atau rumah mempelai perempuan.

Nah, setelah prosesi akad nikah, kedua mempelai akan melakukan serangkaian upacara adat seperti sungkeman, saweran, nincak endog, dan muka panto. Setelah seminggu dari hari akad nikah, kedua mempelai akan melakukan prosesi numbas yang bertujuan untuk memberi tahu keluarga dan kerabat dekat bahwa mempelai perempuan tidak mengecewakan.

Nah, Ladies itulah rangkaian pernikahan adat Sunda. Banyak memang, namun dengan menggunakan adat tradisional dalam hari besar, ladies juga secara tidak langsung ikut berperan dalam melestarikan budaya di Indonesia lho.

Oleh Agatha Adventina K.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading