Sukses

Lifestyle

Ciuman Bisa Sebabkan Tertular Hepatitis B!

Banyak sekali jenis PMS yang tentu saja berbahaya. Salah satu yang umum dikenal publik adalah Hepatitis B. Dalam kebanyakan kasus, penyakit ini bisa timbul dari infeksi jarum, namun rupanya berhubungan seksual adalah cara lain yang bisa mengakibatkan Anda tertular Hepatitis B.

Disebabkan oleh virus Hepatitis B (HBV), virus ini bisa terkandung dalam darah, air liur, cairan sperma atau cairan vagina para penderita dan bisa tertular dengan dua cara. Dijelaskan oleh laman allwomenstalk.com, cara pertama adalah ibu pengidap Hepatitis B bisa menurunkan PMS ini kepada bayi dalam kandungan atau saat melahirkan.

Sementara itu cara lain adalah mereka yang memakai jarum suntik bersama-sama, pisau cukur, jarum tato, tindik telinga, jaruk akupuntur tidak steril sampai kontak melalui luka terbuka. Bahkan para penderita Hepatitis B yang berciuman dan bercinta dengan suami/istri mereka juga bisa menularkan hal tersebut.

Jangan dianggap remeh ladies, karena infeksi Hepatitis B yang sudah kronis dan menetap di hati bisa menimbulkan sirosis hati serta kanker hati. Lalu apakah ada cara pencegahannya? Sekali lagi adalah menghindari seks bebas, atau jika memang suami/istri Anda menderitanya, maka hindari kontak seksual terlebih dulu, hindari pemakaian narkoba suntik atau alat suntik tak steril sampai waspada saat trisemester ketiga kehamilan.

Imunisasi aktif para bayi baru lahir serta kelompok risiko tinggi tertular adalah beberapa hal yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Hepatitis B. Jadi sekali ladies, pemeriksaan menyeluruh organ kelamin dan tubuh sebelum pernikahan adalah sebuah hal yeng memang diwajibkan.

 

Oleh: SERA UTAMI WIJAYA L.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading