Sukses

Lifestyle

Penyakit Kutil Kelamin Bisa Menyebabkan Kanker Serviks

Salah satu penyakit seksual yang seringkali dianggap remeh dan kerap kali dirasakan ketika sudah parah adalah genital warts (kutil kelamin). Disebabkan oleh virus human papilloma (HPV), gejala awal yang paling mudah dari penyakit ini adalah timbulnya kutil-kutil di sekitar alat kelamin.

Masuk dalam kategori Penyakit Menular Seksual (PMS), kutil kelamin ini sangat menular dan bisa menimbulkan gejala seperti nyeri otot, sakit kepala, nyeri saat kencing, gatal atau terbakar karena adanya pembengkakan kelenjar di daerah kelamin. Lebih seramnya lagi, kutil kelamin ini bisa menyebabkan kanker serviks!

Rupanya penyebab kutil kelamin kerap terjadi karena kurangnya kebersihan pada tubuh seseorang, khususnya di bagian intim. Seperti jarang mengganti celana dalam sehingga organ intim menjadi lembab dan kotor dan tidak pernah dibersihkan, tidak mengelap organ vital usai buang air.

Lantas apakah HPV memang bisa menyebabkan kanker serviks? Menurut allwomenstalk.com, pada kebanyakan kasus tubuh memang melawan HPV secara alamiah dan sel yang terinfeksi bisa kembali normal. Namun ada beberapa kasus saat tubuh yak bisa melawan, HPV bisa menyebabkan perubahan bentuk, sehingga mulai dari kutil sampai beberapa tahun kemudian bisa timbul kanker.

Pada wanita, warna kutil kelamin bisa beraneka mulai abu-abu keputihan sampai merah muda. Kutil kelamin bisa tumbuh di vulva, vagina, anus, bahkan sampai di dalam anus serta rahim. Satu-satunya cara yang bisa mencegah kutil kelamin adalah menghindari hubungan seks sama sekali. Atau jika kebiasaan seks bebas sudah mendarah daging, penggunaan kondom adalah pilihan terbaik meskipun risiko penularan tetap ada.

 

Oleh: SERA UTAMI WIJAYA L.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading