Sukses

Lifestyle

Penyakit Hypogonadism

Ladies, pernahkah Anda mendengar istilah hypogonadism? Hypogonadism merupakan salah satu jenis gangguan yang menyerang organ seksual. Disadur dari healthline.com, hypogonadism terjadi ketika kelenjar pada organ seksual (gonads) memproduksi sedikit atau bahkan sama sekali tidak memproduksi hormon seksual. Kelenjar seksual pada pria yaitu testis dan pada wanita yaitu ovarium. Ada dua jenis hypogonadism, yaitu:

Primary hypogonadism: artinya Anda memiliki sedikit kandungan hormon seksual pada tubuh dikarenakan permasalahan yang terjadi pada gonads. Pada jenis ini, gonads masih menerima pesan untuk memproduksi hormon-hormon seksual, namun hormon itu tidak dapat diproduksi.

Penyebab munculnya jenis ini di antaranya autoimmune disorder (addison’s disease), genetic disorder (turner syndrome), infeksi, penyakit pada liver dan ginjal, terlalu banyak terekspose radiasi, dan juga operasi yang dilakukan pada organ seksual.

Central hypogonadism: permasalahannya bersumber pada otak. Kelenjar hypothalamus dan pituitary (yang mengotrol gonads) tidak bekerja dengan benar. Penyebab terjadinya jenis ini antara lain, genetic disorders (kallmann syndrome), infeksi (HIV/AIDS), pituitary disorders, obesitas, berat badan menurun drastis, pendarahan, operasi otak, terlalu banyak terekspose radiasi, luka pada kelenjar pituitary, dan lain-lain.

Untuk perawatannya sendiri, jika hypogonadism disebabkan oleh tumor, maka perawatannya akan sama baik untuk pria dan wanita. Perawatan yang dilakukan misalnya melakukan radiasi, pengobatan saja, atau operasi untuk menghilangkan tumor itu.

 

Oleh: Fadhila Eka Ratnasari

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading