Sukses

Lifestyle

Herpes: Kenali dan Deteksi Sejak Dini

Ladies, tahukah Anda apa itu virus herpes? Ada banyak virus yang berbeda-beda dalam keluarga herpes, dan kali ini vemale.com akan membagi sedikit informasi berkaitan tentang virus Herpes Simpleks (HSV) yang paling sering kita temui dan menjadi penyebab kondisi seperti herpes kelamin, luka dingin, okular (mata) herpes dan herpes kelurut jari-jari.

Situs www.webmd.com menjelaskan bahwa herpes adalah salah satu dari sekian penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh virus Herpes Simpleks (HSV). HSV dibagi menjadi dua macam, yakni HSV-1 dan HSV-2. HSV-1 atau herpes di mulut seringkali ditemukan dalam bentuk luka dingin di sekitar mulut.

Sedangkan HSV-2 atau herpes kelamin adalah bentuk herpes yang jauh lebih intens, dan pada umumnya ditemukan pada organ seksual. Namun, kedua jenis HSV ini bisa ditemukan baik di mulut maupun daerah organ seksual. Seseorang bisa terinfeksi dengan kedua jenis virus herpes ini, karena terinfeksi oleh salah satu virus tersebut tidak membuat Anda resistan terhadap yang lain.

Sinar matahari bersama dengan stres dan faktor lainnya adalah beberapa pemicu munculnya HSV-1, sedangkan HSV-2 di sisi lainnya, ditularkan melalui hubungan intim. Herpes kelamim dianggap sebagai bentuk infeksi yang serius dan harus selalu didiagnosa oleh profesional, namun satu dari beberapa gejala umum yang dialami oleh pasien yang terinfeksi HSV-2 adalah munculnya demam serta hilangnya lesi kulit, atau mungkin jika infeksi yang ditimbulkan masih sangat ringan, kadang dikelirukan sebagai ruam atau gigitan serangga.


Oleh: Maulisa

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading