Sukses

Lifestyle

Bingung Cara Memotong Ikan? Yuk Intip Tipsnya

Ladies, ikan adalah bahan makanan yang sering digunakan oleh ibu-ibu Indonesia. namun memotong ikan tidaklah mudah. Berikut tips memotong ikan seperti yang berhasil dilansir oleh beberapa sumber.

1. Gunakan pisau tajam
Setelah bagian perut ikan dibersihkan dan ikan dikeringkan, mulailah memotong ikan dengan pisau yang tajam. Pisau yang tajam bisa mempermudah kita untuk menyayat daging ikan.

2. Potong ikan dengan cara membuat garis
Buatlah garis dari bagian atas hingga ujung ekor ikan. Potong dari bagian atas hingga pisau berada dibagian dekat sirip. Ketika mendekati ekor ikan, daging sudah terpotong secara lurus.

3. Fillet dan angkat ikan secara lembut
Setelah ikan terbelah, mulailah melakukan fillet dengan menggunakan ujung pisau secara perlahan mengikuti garis tulang belakangnya. Angkat dan lakukan di bagian lainnya. Kuncinya, lakukan perlahan dan hati-hati. Bila Anda hanya ingin menggunakan bagian daging saja, Anda harus menempatkan ikan pada permukaan yang datar. Buatlah potongan mulai bagian leher ikan menuju ekor. Potong secara perlahan, ambil bagian daging ikan saja lalu buang bagian tulangnya.

4. Potong ikan
Tempatkan ikan pada talenan lalu potong bagian kepala hingga mencapai tulang punggung ikan, mengiris sepanjang bagian tulang rahang ikan. Jangan lupa, Anda harus mengeluarkan isi perut ikan, jaringan insang merah berbentuk bulu pun juga harus Anda buang. Setelah diambil semuanya, Anda bisa membilasnya kembali dengan air. Bila masih ada yang tersisa, gunakan jari telunjuk untuk mengambil isi perut ikan yang tertinggal.

5. Balikkan ikan
Balikkan ikan lalu lakukan langkah-langkah diatas pada posisi lain.

So ladies jangan risau bagaimana memotong ikan


Oleh: Mufidah Nur Amalia

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading