Sukses

Lifestyle

Bingung Mengolah Udang? Yuk Intip Tipsnya!

Ladies, orang Indonesia sangat menyukai berbagai olahan udang. Mengolah udang untuk dimasak di rumah tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Walaupun kelihatannya mudah, tetapi ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Simak tips mengolah udang berikut ini ya ladies!

- Keluarkan udang dari kemasan dan taruh di wadah berisi air dingin selama lima belas menit.
- Ganti airnya dengan air baru supaya udang lebih mudah dikupas.
- Belah punggung udang dan keluarkan “benang hitam” yang merupakan kotoran dari punggungnya.
- Cuci udang dengan air mengalir. Udang siap digunakan.
- Jika Anda memasak udang bersama bahan lain, masukkan udang di saat terakhir karena udang cepat matang. Begitu pula jika Anda menambahkan udang matang ke sajian yang panas.
- Jika menumis atau menggoreng, masaklah udang secara cepat dengan api besar untuk mempertahankan rasa asli manis dan gurih pada udang.
- Jika memasak udang dengan kulitnya sekaligus, masaklah agak lebih lama dibanding memasak udang yang sudah dikupas.
- Untuk memasak udang rebus, masukkan udang ke dalam panci berisi air mendidih, tambahkan sedikit garam, dan tutup panci. Masak hingga mendidih sebentar dan warna udang berubah menjadi kemerahan.
- Jika udang rebus sudah matang, jangan diamkan terlalu lama di dalam panci berisi air mendidih tersebut. Langsung celupkan udang ke dalam air dingin atau air dengan suhu sedang agar proses masaknya terhenti. Jika didiamkan terlalu lama di panci, udang akan mengeras dan menjadi terlalu matang.
- Jika udang digoreng atau ditumis, setelah matang langsung saja letakkan di piring untuk mencegah proses masak yang berlanjut.

Selamat mencoba, Ladies!

Oleh: Mufidah Nur Amalia

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading