Sukses

Lifestyle

5 Elemen Penting Yang Wajib Ada dalam Resume

Dalam menulis resume, Anda harus focus untuk mencantumkan keterampilan dan prestasi Anda. Bila Anda sedang sibuk mencari pekerjaan baru, cek kembali resume Anda dan pastikan 5 elemen penting berikut ini terdapat di dalamnya.

1. Ringkasan yang memikat

Kebanyakan tujuan resume yang dituliskan pelamar kerja sering membuat perusahaan mengernyitkan dahi. Akhiri resume Anda dengan sebuah bagian yang meringkas keseluruhan kualifikasi professional Anda secara padat. fokuslah untuk menjelaskan apa yang dapat Anda kontribusikan kepada perusahaan.

2. Bukti keahlian

Bagian ini adalah tempat bagi Anda untuk mendaftar semua keetrampilan, pengetahuan, dan pengalaman kerja Anda. Gunakan judul yang menarik agat meninggalkan kesan yang mendalam.

3. Pengalaman yang relevan

Bagian ini biasanya menjadi focus utama kebanyakan pencari kerja, namun ujung-ujungnya mereka biasanya berakhir mendeskripsikan tugas dan pekerjaan mereka, bukannya prestasi yang telah dicapai. Agar lolos tahap penjaringan karyawan selanjutnya, Anda harus mencantumkan hasil dan akibat serta kontribusi yang telah Anda berikan kepada perusahaan Anda yang sebelumnya. Jangan lupa untuk menuliskan nama perusahaan, jabatan, dan tahun bekerja Anda.

4. Pendidikan

Selain mencantumkan institusi, tahun masuk dan gelar yang Anda raih di bagian ini, Anda juga harus melengkapinya dengan pendidikan non tradisional lainnya seperti pelatihan pengembangan diri, pendidikan lanjutan, serta pengalaman magang Anda.

5. Sentuhan akhir

Bila Anda memiliki poin-poin lain yang dapat mendongkrak resume Anda, disinilah Anda harus meletakkannya.

Intinya, umpamakan resume Anda adalah sepotong kue yang perlu Anda tambahkan dekorasi di sekelilingnya untuk membuatnya semakin cantik dan memikat tanpa harus membuatnya terkesan berlebihan. Ayo, segera cek ulang resume Anda.

Sumber: career-advice.monster.com

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading