Sukses

Lifestyle

Mengenal Perbedaan Ayam Geprek, Ayam Gepuk dan Ayam Penyet

Fimela.com, Jakarta Olahan masakan ayam sejauh ini masih menjadi olahan paling digemari banyak orang. Rasa daging ayam yang gurih, ketika dipadukan dengan bumbu yang pas tentu membuat olahan ini terasa semakin lezat dan menggugah selera.

Ngomongin soal olahan ayam, olahan ayam yang akhir-akhir ini sangat populer adalah ayam geprek. Gurihnya ayam ditambah bumbu sambal geprek yang pedas, membuat olahan ini jadi idola. Apalagi, mengingat olahan ayam geprek memiliki harga yang cukup murah meriah di kalangan masyarakat.

Membahas ayam geprek, kita juga perlu tahu apa beda ayam geprek dengan olahan ayam sejenisnya yakni ayam gepuk dan ayam penyet. Penasaran seperti apa bedanya? Simak yang berikut ini.

Ayam Geprek

Ayam geprek merupakan makanan khas Indonesia. Ayam geprek bisa ditemukan hampir di semua kota di Indonesia. Kemunculan ayam geprek sendiri bermula di lingkungan kampus besar di tanah air baik itu kampus di Bandung, Yogyakarta, Malang hingga Surabaya.

Ayam geprek adalah sajian ayam goreng tepung krispi yang kemudian digeprek atau dipenyet bersama sambal bawang. Tak hanya disajikan bersama sambal bawang, ayam geprek juga bisa disajikan dengan sambal kekinian yang memiliki toping seperti keju mozarella, keju parut, saus mayo dan saus tomat.

Ayam Gepuk dan Ayam Penyet

Ayam Gepuk

Ayam gepuk juga merupakan sajian berupa ayam goreng. Menu masakan ini mulai dikenal masyarakat lewat sajian di sebuah restoran franchise. Awalnya, ayam gepuk hits di Jakarta tapi dengan berjalannya waktu, ayam gepuk telah menyebar ke berbagai kota di Indonesia bahkan negara tetangga seperti Malaysia, Filipina dan sekitarnya.

Dalam proses pembuatannya, daging ayam dibuah pipih dengan cara digepuk-gepuk dan dimasak ungkap bersama bumbu kuning. Setelah daging ayam matang dan bumbu meresap, daging ayam kemudian digoreng. Ayam gepuk disajikan bersama sambal yang diletakkan di atas ayam.

Ayam Penyet

Ayam penyet adalah olahan daging ayam yang terkenal berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Umumnya, ayam penyet disajikan bersama sambal merah, sambal tomat, sambal bawang dan sambal lainnya, bersama tahu dan tempe goreng, lalapan juga nasi putih hangat.

Proses pembuatannya, daging ayam diungkap bersama bumbu hingga matang dan bumbunya mereka kemudian digoreng. Ayam goreng yang sudah matang kemudian dipenyet atau dipipihkan di atas sambal.

Nah Sahabat Fimela, sudah tahu kan bedanya ayam geprek, ayam gepuk dan ayam penyet? Jangan sampai salah ya? Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading