Sukses

Lifestyle

5 Kesalahan Terbesar Saat Wawancara Kerja

Selamat karena Anda telah dipanggil interview pekerjaan idaman Anda. Selanjutnya, Anda harus menghindari 5 kesalahan di bawah ini saat mengahadapi sesi wawancara.

1. Mengkritik perusahaan sebelumnya

Menjelek-jelekkan perusahaan yang hendak atau telah Anda tinggalkan akan memberikan kesan bahwa Anda orang yang tak bisa meninggalkan masa lalu. Selain itu orang-orang akan mempertanyakan apa yang hendak Anda katakan di balik mereka.

2. Melewatkan kesempatan untuk membuktikan diri

Pewawancara akan melontarkan pertanyaan yang memberikan kesempatan bagi Anda menunjukkan kualifikasi Anda. Anda harus mempersiapkan jawaban yang spesifik dan relevan dengan bentuk contoh nyata.

3. Menyediakan rekomendasi yang salah

Saat baru lulus kuliah, wajar bila Anda belum punya surat rekomendasi karena belum punya pengalaman kerja. Jangan sekali-kali mencoba membawa surat rekomendasi dari orang tua atau kerabat karena hanya akan menjatuhkan pasaran Anda.

4. Terjebak Media sosial

Media sosial kini menjadi salah satu aspek yang diperhatikan perusahaan ketika akan merekrut karyawan. Berhati-hatilah terhadap postingan Anda di Facebook, Twitter, LinkedIn, Tumblr, atau Google+. Bila perusahaan tak suka dengan postingan Anda, maka interview pun akan jadi malapetaka. Foto berpesta semalam sebelum interview atau psotingan-postingan keluhan tidak akan disukai perusahaan manapun.

5. Membawa anak

Perusahaan tidak akan terkesan bila Anda mengajak serta anak Anda saat interview kerja. Apalagi ketika Anda membawa bayi dengan pakaian yang tak layak, misalnya tak bertopi, berjaket, atau berkaos kaki saat cuaca dingin.

Pelajari baik-baik dan pastikan Anda tak melakukan kesalahan-kesalahn di atas supaya sukses.

Sumber: career-advice.monster.com

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading