Sukses

Lifestyle

Ingin Sukses Phone Interview? Ketahui Rahasianya

Bagi ladies yang tengah menjadi seorang job seeker dan mungkin akan menghadapi interview via telepon, anda harus mengetahui trik-trik phone interview agar wawancara by phone anda berhasil. Sekalipun terlihat lebih mudah karena anda tidak perlu bertatap muka dengan si interviewer, namun jika anda tidak tahu bagaimana cara menghadapi phone interview dengan benar, you will fail.

Hal pertama yang perlu ladies perhatikan adalah bahwa phone interview bisa terjadi kapan saja, maka pastikan bahwa ladies mencantumkan nomor telepon anda yang selalu aktif dalam surat lamaran yang anda ajukan. Pastikan pula bahwa ladies tidak mengaktifkan voicemail atau automatic answering machine.

Selain itu, percayalah bahwa practice makes perfect. Hal ini berarti bahwa luangkan waktu anda untuk berlatih wawancara by phone dengan saudara atau teman anda. Mintalah mereka menelepon anda dan berpura-pura seolah-olah mereka adalah interviewer.

Perhatikan pula tempat di mana anda melakukan wawancara by phone. Pastikan bahwa ladies berada di tempat yang sepi dan memudahkan anda untuk fokus dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh si interviewer.

Trik lain, siapkan beberapa catatan yang membantu anda untuk menjawab pertanyaan dari interviewer. This is the perk of having phone interview: anda bisa “mencontek” dari catatan anda saat menghadapi interview. Namun ingat, pastikan bahwa suara kertas-kertas catatan anda tidak terdengar oleh interviewer dan anda tidak terdengar seperti membaca teks.

Rahasia lain untuk sukses menghadapi job interview melalui telepon adalah dengan melakukannya dengan berdiri. Seperti dikutip dari situs quintcareers.com, melakukan wawancara via telepon dengan berdiri membuat anda terdengar lebih professional dibandingkan dengan duduk.

Next thing to be consider is how you dress. Ketika akan menghadapi wawancara kerja via telepon, pakailah pakaian rapi seolah-olah anda akan menghadapi wawancara kerja face to face. Outfit yang rapi akan memberi efek professional saat melakukan wawancara kerja melalui telepon.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah jangan memakan atau meminum apapun di tengah wawancara. Namun ada baiknya jika anda menyiapkan segelas air putih untuk berjaga-jaga jika suara anda mendadak parau di tengah berdialog dengan interviewer.

Next, karena wawancara by phone bergantung penuh pada suara anda, maka ciptakanlah nada bicara yang penuh percaya diri. Dan jangan lupa untuk tersenyum, sekalipun interviewer tidak bisa melihat mimik muka ladies.

Yang terakhir, akhiri wawancara anda dengan mantap sehingga interviewer akan lebih mempertimbangkan dan merekrut anda.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading