Sukses

Lifestyle

Pertanyaan-Pertanyaan Ini Sering Muncul Dalam Wawancara Kerja

Mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara kerja bukanlah hal yang bisa dianggap remeh. Selain mempersiapkan outfit untuk menunjang penampilan anda saat bertemu interviewer, ladies juga perlu mempersiapkan diri anda untuk menjawab berbagai pertanyaan yang muncul saat wawancara berlangsung.

Nah, pertanyaan-pertanyaan apa yang biasanya muncul saat job interview? Berikut ini adalah beberapa “bocorannya” seperti dikutip dari situs themuse.com.

Frequently Asked Question yang pertama adalah pertanyaan yang mengharuskan ladies untuk mendiskripsikan diri anda. Memang tampaknya mudah, namun anda harus berhati-hati dalam menjawabnya sebab ini akan menentukan penilaian interviewer atas diri ladies. Jawablah pertanyaan ini dalam beberapa kalimat yang mengcover tentang pencapaian apa saja yang sudah anda dapatkan selama ini.

Pertanyaan kedua yang kemungkinan besar muncul dalam wawancara kerja adalah pertanyaan tentang darimana anda mendapat informasi lowongan pekerjaan yang anda lamar. Jawablah apa adanya; apakah anda mendapatkannya dari internet, Koran, expo, atau sumber lainnya.

Next, pertanyaan yang juga pasti akan muncul adalah pertanyaan tentang apa yang ladies ketahui tentang lembaga atau perusahaan yang anda lamar. Untuk menjawab pertanyaan ini dengan baik, tentunya anda harus searching informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber.

Poin pertanyaan keempat yang sering ditanyakan oleh interviewer adalah mengapa anda menginginkan berada di posisi tersebut. Untuk menjawab pertanyaan ini, ladies harus terlihat meyakinkan dengan menyebutkan poin-poin yang membuat anda cocok berada di posisi tersebut.

Pertanyaan lain yang juga berpeluang untuk ditanyakan adalah mengapa lembaga atau perusahaan harus merekrut anda. Pertanyaan ini terdengar agak mengintimidasi, namun jangan khawatir ladies. Carilah jawaban-jawaban yang meyakinkan bahwa anda memang layak untuk bekerja di tempat tersebut.

Next, pertanyaan tentang kelebihan dan kelemahan anda adalah jenis pertanyaan yang tidak lupa ditanyakan dalam job interview. Carilah titik kelebihan anda yang sesuai dengan posisi yang anda inginkan. Sampaikan pula kekurangan anda secara jujur. Dan jangan lupa katakana bahwa anda akan berusaha untuk mengimprove diri anda dan menutup kelemahan yang anda miliki.

Ladies juga harus siap untuk menjawab pertanyaan tentang pencapaian terbaik anda di pekerjaan sebelumnya. Dalam menjawab pertanyaan ini, ladies harus berhati-hati agar anda tidak terlalu terlihat pamer dan sombong di depan interviewer.

Pertanyaan lain yang juga biasanya muncul dalam job interview adalah tentang bagaimana anda menghadapi konflik dalam pekerjaan. Remember, berikan jawaban yang menunjukan keprofesionalan anda dalam menghadapi sebuah masalah di tempat kerja.

Last, mengapa anda berhenti dari pekerjaan sebelumnya adalah pertanyaan yang sering muncul. Berikan jawaban yang tidak memunculkan kesan negative terhadap perusahaan lama anda.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading