Sukses

Lifestyle

Persiapan Wawancara Kerja: Mock Interview

Sebelum menjalani wawancara kerja, Anda tentu telah melakukan persiapan yang matang dan berlatih agar nantinya dapat tampil maksimal di depan pihak perusahaan yang akan merekrut Anda. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar Anda dapat tampil lebih maksimal saat wawancara kerja berlangsung adalah berlatih dengan sistem Mock Interview.

Seperti yang dikutip dari laman career-advice.monster.com, Mock Interview merupakan simulasi wawancara kerja antara Anda dengan seorang profesional yang direkam dan berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Orang yang mewawancarai Anda nantinya harus memberikan feedback mengenai performa Anda selama Mock Interview berlangsung.

Hampir sama dengan wawancara kerja sungguhan, sebelum Mock Interview Anda juga harus membekali diri dengan serangkaian persiapan seperti mencari tahu tentang perusahaan serta menguasai kemampuan yang dibutuhkan di perusahaan tersebut. Anda juga dapat membuat skrip dari jawaban atau pertanyaan yang disiapkan untuk simulasi wawancara kerja nanti.

Selanjutnya, saat sesi Mock Interview berlangsung, kenakan pakaian formal yang akan Anda gunakan untuk wawancara yang sesungguhnya dengan pihak perusahaan. Sapa orang yang mewawancari Anda dengan jabat tangan serta senyuman yang ramah. Dengarkan setiap pertanyaan yang diberikan dan pastikan Anda menjawab sesuai dengan apa yang ditanyakan.

Kemudian, usahakan untuk menjawab pertanyaan selama 2 – 3 menit dan tidak lebih dari itu. Pastikan bahwa Anda benar-benar ‘menjual’ diri Anda dengan baik kepada pewawancara meskipun ini hanyalah simulasi wawancara kerja. Jangan lupa pula untuk mengajukan beberapa pertanyaan kepada pihak pewawancara sekaligus melatih kemampuan bertanya Anda agar lebih baik.

Setelah Mock Interview selesai, maka sekarang saatnya Anda mendengarkan feedback dari pewawancara dengan pikiran yang terbuka. Hindari berpikir bahwa sesi pemberian feedback merupakan saat untuk membuka kekurangan Anda. Justru dengan mengetahui kekurangan tersebut Anda dapat memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik saat waktu wawancara yang sungguhan telah tiba.

Selain itu, Anda juga harus menonton dengan seksama rekaman dari Mock Interview yang telah berlangsung. Pikirkan bagaimana perasaan Anda saat menonton rekaman tersebut. Apakah sudah sesuai dengan gambaran performa terbaik yang Anda harapkan? Apakah kira-kira pihak perusahaan mau merekrut Anda jika performa yang ditampilkan seperti tersebut?

Memelajari hasil Mock Interview akan membuat Anda menjadi lebih siap untuk menghadapi wawancara kerja yang sungguhan nantinya. Untuk mencoba Mock Interview ini, Anda bisa mendatangi pusat pelatihan kerja di kampus, di dekat rumah, atau salah satu yang terkenal di kota Anda.

Apabila sulit mendapatkan Mock Interview, Anda dapat meminta bantuan dari teman, kerabat, atau anggota keluarga yang lebih senior dan memiliki pengalaman di bidang wawancara kerja. Selamat mencoba!

Oleh: Lies Nureni

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading