Sukses

Lifestyle

Langkah Mudah Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja

Bernegosiasi mengenai masalah gaji merupakan salah satu tahap akhir yang menentukan dari sebuah wawancara kerja. Negosiasi gaji yang berjalan dengan baik biasanya akan memberikan hasil yang baik pula bagi pihak perusahaan perekrut maupun pihak pelamar kerja.

Maka dari itu, sebelum datang pada wawancara kerja, Anda harus menguasai kemampuan untuk melakukan negosiasi gaji yang baik dengan pihak perusahaan. Seperti yang dilangsir dari laman career-advice.monster.com, berikut ini adalah langkah mudah yang perlu Anda lakukan saat bernegosiasi tentang masalah gaji.

Berikan penawaran pertama
Apabila pihak perusahaan tidak memberikan angka yang spesifik untuk jumlah gaji, maka Anda dapat menawarkan jumlah gaji yang diinginkan yang tentunya berdasarkan riset serta pertimbangan matang. Dengan begini, negosiasi akan berjalan berdasarkan tawaran pertama dan pada banyak kasus akan sangat menguntungkan pihak pelamar.

Jangan langsung menjawab
Pihak perusahaan terkadang menawarkan pekerjaan serta jumlah gaji secara bersamaan. Ada baiknya Anda sebagai pihak pelamar kerja tidak langsung memberikan jawaban seketika itu juga meski Anda sebenarnya menyukai tawaran tersebut. Mintalah waktu beberapa hari untuk memikirkan hal tersebut karena biasanya perusahaan akan memberikan penawaran yang lebih baik.

Buat pihak perusahaan cemburu
Jika Anda telah melakukan beberapa wawancara kerja dengan beberapa perusahaan lain, maka Anda tentu sudah tahu pihak mana yang terlihat memiliki prospek bagus. Berikan penawaran Anda dan katakan bahwa Anda juga telah mendapatkan penawaran dari perusahaan lain. Cara ini biasanya akan membuat Anda terlihat lebih menarik bagi pihak perusahaan.

Sebutkan ekpektasi Anda
Katakan dengan jelas pada pihak perusahaan apa saja yang Anda inginkan dari pekerjaan tersebut, mulai dari jumlah gaji, tunjangan yang akan diperoleh, serta kesempatan apa saja yang bisa didapatkan dari pekerjaan tersebut. Mengetahui apa yang Anda inginkan dari pekerjaan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan akan memberikan nilai lebih pada diri Anda di mata pihak perusahaan.

Negosiasi ekstra
Apabila Anda telah tertarik dengan penawaran perusahan, namun perusahaan tidak dapat memberikan gaji sesuai dengan ekspektasi Anda, maka lakukan negosiasi ekstra untuk pilihan lain yang berharga. Pilihan yang paling direkomendasikan adalah pendidikan. Anda bisa meminta pada pihak perusahaan agar dapat melanjutkan studi tanpa harus keluar dari pekerjaan dan justru akan menambah nilai diri Anda bagi perusahaan.

Ukur kemampuan Anda
Saat bernegosiasi masalah gaji, Anda dapat menyebutkan kemampuan serta prestasi yang dimiliki sebagai tolak ukur bagi pihak perusahaan untuk memberikan berapa banyak gaji pada Anda. Sebutkan pula seberapa besar kemampuan yang Anda miliki untuk bekerja di posisi yang ditawarkan.

Selamat bernegosiasi!

oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading