Sukses

Lifestyle

Ingin Dihargai di Tempat Kerja? Begini Caranya

Setelah lulus kuliah dan menjalani proses seleksi yang panjang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, Anda tentu harus berusaha sebaik mungkin agar bisa sukses di tempat kerja tersebut. Selain mengerjakan setiap tugas dengan baik, Anda juga harus mampu mengelola hubungan yang baik dengan rekan kerja di kantor.

Membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja akan membuat Anda dihargai serta tidak diremehkan sekalipun Anda masih baru saja lulus kuliah dan memasuki duni kerja. Sebagai fresh graduates, Anda tentu masih buta dengan dunia kerja. Tidak perlu khawatir, Ladies, berikut ini ada 4 langkah mudah agar dihargai di tempat kerja yang telah dirangkum dari situs career-advice.monster.com.

Tidak mengetahui apa yang tidak diketahui
Ladies, Anda boleh saja tercatat sebagai salah satu mahasiswa berprestasi di kampus, namun di dunia kerja Anda masih anak yang baru saja belajar. Jadi, tahanlah keinginan Anda untuk mengeluarkan banyak ide dan mengerjakan banyak proyek dengan merasa dapat mengerjakan semuanya. Bersabarlah dan belajar langkah demi langkah karena kemungkinan besar senior Anda merasa Anda adalah orang yang sombong dan sok tahu.

Mengucapkan ‘terima kasih’ dengan tulus
Tidak ada ruginya Anda mengucapkan terima kasih pada rekan kerja, senior, serta atasan Anda di kantor. Mereka juga manusia biasa seperti Anda yang senang jika orang lain mengapresiasi apa yang telah dilakukannya. Berikan ucapan terima kasih secara tulus setelah Anda diberi tugas, setelah evaluasi, setelah diberi hadiah atau bonus, atau bahkan berterima kasih karena telah mengadakan pesta kantor.

Bersikap ringan tangan
Tak ada salahnya sesekali Anda lembur untuk membantu pekerjaan rekan kerja yang belum selesai hingga larut malam. Tawarkan bantuan pada orang lain di kantor yang membutuhkan dan bantu mereka dengan tulus dan sepenuh hati. Rekan kerja dan atasan Anda pun akan terkesan melihat Anda yang suka membantu yang menunjukkan bahwa Anda adalah pekerja keras yang handal dan memiliki jiwa teamwork yang kuat.

Mendengarkan sebelum berbicara
Sebagai karyawan baru, Anda tentu memiliki banyak hal yang harus dipelajari agar dapat menjadi karyawan yang baik dan berprestasi. Mendengarkan merupakan kunci penting agar Anda benar-benar paham dengan apa yang harus Anda kerjakan. Tahan keinginan untuk memotong pembicaraan orang lain, bukankah Anda juga tidak suka jika orang lain memotong apa yang sedang Anda bicarakan?

Perlu kerja keras dan sikap yang baik agar Anda sebagai karyawan baru dapat menjadi karyawan yang dihargai sekaligus berprestasi di kantor. Jadi, selamat menjalani kehidupan sebagai karyawan kantor. Semoga tips di atas dapat membantu Anda, Ladies.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading