Sukses

Lifestyle

Jawab Pertanyaan Yang Sering Muncul Saat Job Interview Dengan Trik Berikut Ini

Dalam menghadapi sebuah wawancara kerja, ladies harus mengetahui pertanyaan-pertanyaan apa saja yang mungkin muncul dalam job interview tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis pertanyaan yang sering muncul dalam wawancara kerja serta tips dan trik agar berhasil dalam menjawabnya.

Pertanyaan pertama yang sering muncul adalah pertanyaan tentang pengalaman ladies di perusahaan anda bekerja sebelumnya. Untuk meyakinkan interviewer, anda harus menjawab pertanyaan ini dengan menguraikan pengalaman-pengalaman anda selama bekerja, terutama bagaimana anda berkontribusi pada perusahaan dan bagaimana anda bisa membawa kesuksesan perusahaan.

Next frequently asked question adalah tentang pencapaian terbesar ladies selama anda berkarir. Dalam menjawab pertanyaan ini, tunjukkan kepada interviewer tentang skill yang anda kuasai dan bagaimana dengan skill yang ladies miliki tersebut anda bisa mencapai sebuah goal. Sampaikan pula secara implisit bahwa anda tidak hanya bisa sukses di pekerjaan sebelumnya, namun juga di pekerjaan baru yang sedang anda incar tersebut.

Pertanyaan tentang deskripsi diri adalah pertanyaan yang juga sering muncul dalam sebuah wawancara kerja. Deskripsi diri ini tidak hanya dari sudut pandang ladies pribadi saja, namun juga bagaimana orang-orang sekitar melihat pribadi anda. Misalnya manajer di perusahaan lama anda. Jawablah pertanyaan deskripsi diri ini dengan disertai contoh job description yang pernah anda lakukan untuk menunjang jawaban anda.

Pertanyaan berikutnya ini mungkin agak susah untuk dijawab dan butuh pertimbangan yang matang: apakah kelemahan anda. Untuk menjawab pertanyaan ini, ladies tidak perlu berbohong untuk membuat diri anda tanpa cacat. Katakan secara jujur apa kelemahan ladies, namun dengan gaya yang berbeda. Beritahu interviewer tentang sisi kelemahan anda dan sertai dengan cara-cara yang pernah dan sedang anda lakukan untuk menutupi kelemahan tersebut. Jawaban seperti ini akan memberikan kesan bahwa anda aware dengan kelemahan diri sendiri dan berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Last but not least, pertanyaan “mengapa anda layak untuk diterima di perusahaan ini?” adalah pertanyaan yang perlu ladies waspadai. Untuk membuat interviewer terkesan, jawab pertanyaan ini dengan menyebutkan kelebihan-kelebihan yang ladies miliki, terutama skills yang sesuai dengan posisi yang sedang anda incar sekarang. Cari pula poin “unik” dalam diri anda yang jarang dimiliki oleh kandidat lain sehingga interviewer akan mempertimbangkan anda untuk mengisi jabatan di lembaga atau perusahaannya.

Good luck, ladies!

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading