Sukses

Lifestyle

Jangan Lakukan Hal-Hal Berikut Ini Saat Wawancara Kerja

Keberhasilan ladies saat melakukan wawancara kerja banyak ditentukan oleh bagaimana anda menjawab pertanyaan interviewer dan bertingkah laku saat wawancara berlangsung. Nah, agar wawancara kerja anda berjalan dengan baik, ada beberapa hal yang tidak seharusnya anda lakukan. Apa saja hal tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Number one rule: jangan datang terlambat saat wawancara kerja. Keterlambatan akan membuat fokus anda buyar dan dianggap kurang professional.

Hal kedua yang jangan dilakukan saat menghadiri wawancara kerja adalah memakai outfit yang berwarna cerah, apalagi oranye. Seperti dikutip dari laman workpolis.com, beberapa penelitian menunjukkan bahwa memakai outfit berwarna gelap membuat anda lebih berpeluang untuk sukses menghadapi wawancara kerja.

Next, jangan memakai parfum secara berlebihan. Anda tidak tahu apakah si interviewer memiliki alergi tertentu pada parfum atau tidak. Jadi, untuk lebih amannya, sebaiknya ladies memakai parfum berbau soft sedikit saja.

Another rule is do not drop a name. Saat menjawab pertanyaan dalam sebuah wawancara kerja, ladies dilarang keras untuk menyebutkan sebuah nama, misalnya nama boss anda di perusahaan sebelumnya. Lebih dilarang lagi jika anda menyebutkan nama seseorang yang ladies tidak mengenal dengan baik.

Selanjutnya, jangan membicarakan keburukan atau kelemahan tempat kerja anda sebelumnya. Selain dianggap sebagai membocorkan rahasia perusahaan, hal ini juga kurang sopan dan professional.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah eye contact. Penting bagi ladies untuk membuat eye contact dengan interviewer ketika anda menghadapi wawancara kerja. Namun ingat, jangan terlalu berlebihan. Otherwise the interviewer will find it uncomfortable.

Poin don’t lain yang juga sebaiknya tidak perlu dilakukan adalah menjawab panggilan telepon di tengah wawancara kerja. Sebelum memasuki ruangan wawancara, lebih baik jika ladies mematikan ponsel.

Berwajah datar. Hal ini penting untuk dihindari ketika ladies melakukan wawancara kerja. Jika interviewer melontarkan joke-joke—segaring apapun jokenya, tertawalah sewajarnya. Jangan terlihat kaku, nervous, dan berwajah datar.

Khusus bagi ladies perokok, it’s highly advised anda tidak merokok sesaat sebelum menghadiri wawancara kerja. Pasalnya, bau rokok ketika anda berhadapan dengan interviewer bisa jadi mengganggu.

Poin lain yang perlu diperhatikan adalah jangan mengoreksi interviewer. Apalagi jika ladies terlihat menggurui interviewer dan anda berdua berdebat karena koreksi yang anda berikan. Big no!

Terakhir, perhatikan ekspresi wajah anda. Jangan membuat ekspresi wajah putus asa. Selalu terlihatlah optimis dan percaya diri di depan interviewer. Jika ladies menunjukkan ekspresi putus asa dan memberi jawaban yang bernada putus asa, what can you expect?

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading