Sukses

Lifestyle

Ini yang Perlu Ditanyakan Saat Wawancara Kerja

Di akhir wawancara kerja, pewawancara biasanya akan bertanya pada kandidat apakah mereka memiliki pertanyaan untuk pihak perusahaan. Kebanyakan pelamar kerja akan menjawab tidak dan wawancara kerja pun diakhiri. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya Anda bisa mengetahui lebih banyak tentang perusahaan dari pertanyaan yang Anda ajukan di akhir wawancara?

Seperti yang dikutip dari laman career-advice.monster.com, perusahaan justru lebih menyukai kandidat yang memberikan pertanyaan di akhir wawancara. Hal tersebut menunjukkan ketertarikan kandidat terhadap perusahaan serta menambah nilai kandidat terutama jika pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan yang sulit dan membutuhkan analisis.

Lantas, pertanyaan apa saja yang perlu ditanyakan di akhir wawancara? Well, tidak ada standar pasti untuk pertanyaan yang harus ditanyakan di akhir wawancara kerja sebab tiap perusahaan memiliki standar tersendiri. Namun, biasanya pertanyaan yang disukai pihak perusahaan adalah pertanyaan yang berhubungan dengan perusahaan yang bersangkutan.

Nah, untuk membantu Anda, berikut ini adalah 4 pertanyaan umum yang bisa menjadi pertanyaan awal untuk pihak perusahaan.

1. Bagaimana budaya kerja yang ada di perusahaan ini?
Budaya kerja sebuah perusahaan tentu baru dapat Anda rasakan setelah Anda mengalami sendiri situasi yang ada di dalamnya. Saat wawancara kerja merupakan saat yang tepat bagi pelamar untuk mengetahui bagaimana budaya serta kondisi kerja yang ada di sebuah perusahaan. Hal tersebut juga akan membantu Anda untuk memutuskan apakah akan mengambil pekerjaan tersebut atau tidak.

2. Jika Anda tidak keberatan, maukah Anda menceritakan bagaimana karir Anda hingga berada di posisi sekarang ini?
Jawaban dari pertanyaan ini akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana kira-kira karir Anda jika masuk di perusahaan tersebut serta mengetahui siapa yang akan menjadi bos Anda di tempat kerja nanti. Selain itu, orang-orang selalu suka menceritakan tentang dirinya, jadi Anda bisa mengambil keuntungan dengan menanyakan pertanyaan tersebut pada pihak pewawancara.

3. Bagaimana gaya kepemimpinan Anda di perusahaan ini?
Jika orang mewawancarai Anda kemungkinan besar adalah calon bos Anda di perusahaan tersebut, maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan calon pemimpin Anda. Dari jawaban pertanyaan tersebut, Anda bisa mengetahui apakah Anda akan cocok dengan gaya kepemimpinan tersebut serta mengetahui seberapa jujur perusahaan terhadap Anda.

4. Apa yang menjadi sumber utama Anda dari kepuasan kerja?
Dari pertanyaan ini Anda dapat mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dari perusahaan yang bersangkutan yang tentu akan membantu Anda dalam membuat keputusan nantinya. Selain itu, Anda juga akan mengetahui bagaimana cara menjadi karyawan yang cocok untuk perusahaan tersebut.

Semoga berhasil.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading