Sukses

Lifestyle

Ini yang Ingin Diketahui dari Anda Saat Wawancara Kerja

Setelah menghadapi beberapa wawancara kerja, Anda mungkin akan merasa sebagian dari pertanyaan yang diajukan pewawancara terdengar tidak penting atau tidak relevan. Jangan buru-buru berpikiran buruk, Ladies, karena ternyata di balik setiap pertanyaan tersebut sebenarnya pihak perusahaan ingin mengetahui banyak hal yang tidak Anda sadari.

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui pesan tersembunyi dari setiap pertanyaan yang ditanyakan saat wawancara kerja agar dapat menjawab sesuai ekspektasi pewawancara. Nah, berikut ini adalah pertanyaan umum dalam wawancara kerja beserta pesan apa yang ingin diketahui oleh pewawancara yang dikutip dari laman info.shine.com.

Ceritakan tentang latar belakang Anda
Pertanyaan yang menanyakan tentang diri atau latar belakang Anda ini bermaksud untuk mengetahui apakah Anda adalah orang yang cocok untuk pekerjaan tersebut. Berikan jawaban yang singkat dan jelas tentang latar belakang pendidikan, pengalaman, dan kepribadian Anda yang membuat Anda cocok untuk bekerja di posisi yang sedang dibutuhkan.

Mengapa Anda keluar dari pekerjaan sebelumnya?
Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah Anda adalah orang yang loyal atau mengetahui seberapa loyalkah Anda. Cobalah untuk menjawab jujur pertanyaan yang satu ini, namun hindari membuka keburukan atau menjelek-jelekkan tempat kerja Anda sebelumnya. Berikan jawaban yang positif seperti menginginkan tantangan, kesempatan, dan pelajaran yang baru.

Mengapa Anda ingin bekerja di sini?
Pertanyaan ini sama dengan pertanyaan “Apa yang Anda ketahui dari perusahaan ini?”. Pihak perusahaan ingin mengetahui seberapa jauh Anda mengetahui tentang seluk beluk perusahaan serta seberapa besar ketertarikan Anda untuk menjadi bagian dari tim mereka. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mencari tahu tentang perusahaan terlebih dahulu sebelum datang ke wawancara kerja.

Di manakah Anda ingin berada dalam 5 tahun ke depan?
Pertanyaan ini bermaksud untuk mengetahui seberapa lama Anda dapat berkomitmen pada satu hal dalam waktu yang lama. Komitmen serta stabilitas dibutuhkan oleh setiap perusahaan yang ingin menggunakan jasa karyawan mereka dalam waktu yang lama. Jawaban Anda dari pertanyaan ini akan menentukan apakah Anda adalah orang yang ingin direkrut oleh perusahaan.

Berapa gaji yang Anda inginkan?
Pertanyaan yang satu ini berusaha mengetahui apakah perusahaan mampu membayar Anda atau tidak. Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu melakukan riset untuk mencari tahu berapa gaji rata-rata di perusahaan tersebut, gaji rata-rata untuk posisi yang Anda lamar, serta upah minimum kota tempat perusahaan berdiri. Pastikan jawaban Anda masuk dalam rata-rata gaji perusahaan tersebut.

Nah, bagaimana, Ladies? Anda sudah siap untuk menghadapi wawancara kerja? Semoga berhasil ya, Ladies.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading