Sukses

Lifestyle

Don’ts Untuk Phone Interview yang Perlu Anda Perhatikan

Meskipun tidak bertatap muka secara langsung dengan interviewer, wawancara kerja melalui telepon tidak bisa dianggap remeh. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sekaligus dihindari agar phone interview bisa berjalan dengan lancar.

Seperti menurut laman money.usnews.com, berikut ini adalah sederet don’t yang perlu ladies perhatikan dalam menghadapi wawancara kerja melalui telepon.

Don’t yang pertama adalah jangan menganggap remeh interview via telepon. Banyak orang menganggap tidak serius phone interview karena tidak bertatap muka secara langsung interviewer. Akibatnya, mereka cenderung santai dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh interviewer. Jangan lakukan hal ini, ya, ladies.

Don’t yang kedua yang harus dihindari adalah tidak mempersiapkan phone interview dengan baik. Jangan hanya karena ladies bisa “cheating” dengan membuka catatan saat interview, lalu anda tidak mempersiapkan apapun. Luangkan waktu untuk mempraktekkan phone interview dengan orang terdekat anda.

Don’t berikutnya yang harus dihindari adalah tidak mencari tempat yang sepi untuk melakukan wawancara. Tempat yang sepi akan membuat anda fokus dan membuat suara anda dan interviewer terdengar dengan jelas. Oleh karena itu penting untuk mencari tempat yang sepi.

Poin don’t keempat yang wajib diperhatikan adalah jangan sampai ladies tidak membawa resume anda saat melakukan phone interview. Interviewer akan membawa resume anda saat phone interview dan mereka akan menanyakan satu atau dua poin dari resume anda. Oleh karena itu, bring your resume with you.

Selanjutnya yang tidak boleh anda lakukan saat menghadapi phone interview adalah tidak memperhatikan tone bicara. Karena phone interview sepenuhnya tergantung pada suara anda, maka buatlah nada bicara ladies tegas, percaya diri, dan tidak terlalu bertele-tele.

Hal lain yang juga seharusnya tidak dilakukan saat melakukan phone interview adalah tidak aware dengan pertanyaan-pertanyaan screening seperti gaji. Pertanyaan screening semacam ini sangat umum ditanyakan saat wawancara kerja. Oleh karena itu, ladies sudah harus siap dengan jawaban yang akan anda berikan saat menghadapi pertanyaan semacam ini.

Don’t lainnya yang juga harus dihindari adalah melakukan interview via telepon sambil melakukan hal lain, misalnya membuka internet. Hal ini akan sangat mendistraksi anda dan membuat anda kehilangan fokus saat berdialog dengan interviewer. Oleh karena itu, pastikan anda tidak sedang melakukan hal lain saat interview.

Terakhir, jangan sampai sinyal telepon yang jelek mengganggu proses interview anda. Pastikan bahwa sebelum menghadapi interview, ladies berada di lokasi dengan sinyal kuat sehingga suara anda dan interviewer terdengar jelas.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading