Sukses

Lifestyle

7 Tips Agar Percaya Diri Menghadapi Wawancara Kerja

Untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, serangkaian tes tentu harus dihadapi oleh para pelamar kerja termasuk wawancara kerja. Tak jarang wawancara kerja ini membuat para pelamar takut dan kurang percaya diri. Maka dari itu, simak 7 tips dari laman info.shine.com berikut ini agar percaya diri menghadapi wawancara kerja.

Mempersiapkan diri
Pelajari terlebih dahulu profil, visi, misi, produk yang dihasilkan, serta budaya kerja dari perusahaan tempat Anda melamar kerja. Pelajari pula deskripsi pekerjaan dari posisi yang dilamar dan pikirkan mengapa Anda cocok di posisi tersebut. Jangan lupa untuk menyiapkan jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara kerja.

Pelajari CV dengan baik
Pastikan Anda telah memelajari apa saja yang Anda cantumkan dalam CV atau curriculum vitae yang dikirim untuk perusahaan. Hal ini bertujuan agar Anda siap menghadapi jawaban tentang latar belakang pendidikan serta pengalaman kerja apa saja yang telah Anda miliki.

Bersikap percaya diri
Saat berhadapan dengan pewawancara, pastikan Anda duduk dengan tegap dan pandangan mata memandang mata pihak perusahaan yang mewawancarai Anda. Hindari melakukan bahasa tubuh yang dapat menimbulkan kesan buruk seperti menguap, duduk tidak tegap, atau bersikap malas-malasan.

Tidur cukup
Hindari begadang di malam hari sebelum wawancara kerja agar di pagi hari wajah Anda tampak segar dan tidak mengantuk saat wawancara berlangsung. Pastikan Anda telah menyiapkan pakaian yang akan dikenakan esok hari untuk menghindari panik di pagi hari yang bisa membuat diri menjadi nervous.

Datang tepat waktu
Datang terlambat dengan alasan apapun akan mengurangi nilai diri Anda di mata pewawancara kerja. Jadi, hitung dengan tepat waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat wawancara termasuk risiko macet sehingga Anda dapat datang tepat waktu saat wawancara kerja. Ingat Ladies, lebih baik menunggu daripada datang terlambat di lokasi wawancara.

Tarik napas dalam-dalam
Sudah berada di tempat wawancara kerja? Perasaan gugup pasti lebih menjadi-jadi kan, Ladies? Untuk mengurangi rasa gugup, minum segelas air putih, lalu tarik napas dalam-dalam agar suara Anda tidak terdengar gugup dan terdengar seperti biasanya.

Pilih waktu pagi hari
Apabila Anda diberi kesempatan untuk memilih waktu wawancara, pilihlah waktu pagi hari karena di pagi hari tubuh dan pikiran masih segar sehingga siap untuk menghadapi hari. Selain itu, Anda tidak perlu merasa gugup seharian karena Anda telah melewati hal yang paling mendebarkan dan bisa merencanakan kegiatan di sisa hari tersebut.

Hal yang paling penting adalah tenangkan diri serta pikiran Anda dan hindari merasa cemas yang berlebihan. Semoga sukses menghadapi wawancara kerja.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading