Sukses

Lifestyle

Wawancara Lebih Tenang, Hasil Lebih Memuaskan

Percaya atau tidak,yang Anda perlukan saat wawancara hanyalah ketenangan mental dan batin, Ladies. Anda bisa saja menyangkal bahwa tenang saja tidak cukup, terlebih jika yang berminat pada posisi tersebut sangat banyak, Anda perlu memastikan diri Anda jauh lebih baik dari pelamar yang lainnya.

Memang benar kok, Ladies. Ada banyak hal yang Anda perlu siapkan, mulai dari kualitas diri, kemampuan retorika, serta yang tak boleh terlupakan adalah penampilan Anda. Tapi lagi-lagi nih Ladies, semuanya akan berantakan jika di dalam ruangan wawancara Anda malah gelisah, panik, hingga berkeringat dan pada akhirnya Anda lupa semuanya.

Seperti dalam langsiran laman Careerrealism.com, bahwa Anda bisa membekali diri dengan menanamkan beberapa poin penting pada setiap jawaban yang Anda utarakan, yakni positif, realis, dan humanis. Dan jika Anda kuasai betul, Anda akan dapat melalui wawancara tersebut dengan hasil akhir yang memuaskan.

Namun nih Ladies, jika dipertimbangkan lebih dalam lagi, proses wawancara yang cenderung reflek perlu dilalui dengan hati-hati dan tenang, karena jika tidak Anda bisa saja menjawab dengan jawaban yang kurang bisa diterima oleh perusahaan tersebut. Dengan kata lain, persiapan Anda haruslah selalu dibarengi dengan ketenangan pikiran.

Dari langsiran laman tersebut juga bisa diketahui bahwa pertanyaan yang cukup mengecoh, yakni saat Anda diminta untuk menjelaskan kekurangan Anda, bisa dijawab dengan melandaskan pada poin-poin penting seperti yang telah disebutkan, yaitu positif, realis, dan humanis. Dan karena memang pertanyaan tersebut hampir selalu muncul saat wawancara kerja, Anda bisa mempersiapkan jawabannya, jika perlu dihapal, Ladies.

Setelah semuanya siap, pastikan diri Anda tenang. Ketenangan pikiran bisa Anda raih dengan latihan berulang-ulang hingga Anda merasa bahwa wawancara yang akan Anda hadapi merupakan salah satu kesempatan penting bagi Anda untuk berbincang dengan pihak perusahaan. Pastikan juga Anda latihan dengan kawan Anda yang memahami wawancara kerja agar dia bisa memberi Anda masukan.

Selain itu Ladies, gunakanlah pakaian yang membuat Anda nyaman dan pantas untuk wawancara kerja tersebut. Jika biasanya Anda nyaman dengan menggunakan blazer gelap dengan rok, maka kenakanlah.

Pasalnya nih Ladies, dengan pakaian yang nyaman dan baik, Anda bisa merasa tenang saat wawancara. Make-up pun perlu Anda perhatikan, namun tidak berlebihan. Awas saja Anda menjadi lebih memperhatikan pakaian daripada apa yang ditanyakan saat wawancara nanti.

Salah satu hal lain yang bisa membuat Anda tenang adalah dengan memahami posisi yang ditawarkan kepada Anda, mulai dari tanggung jawabnya dan resikonya. Anda bisa mencocokkan pengalaman Anda dengan pekerjaan itu juga, Ladies.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading