Sukses

Lifestyle

Rules of Thumbs untuk Interview Kerja Lewat Telepon

Tidak semua perusahaan punya banyak waktu untuk secara satu per satu menemui pelamar pekerjaan dan melakukan wawancara. Untuk itu, salah satu hal yang dilakukan adalah dengan melakukan wawancara melalui telepon. Selain memang lebih efisien, interview lewat telepon biasanya lebih to the point.

Nah Ladies, itu tadi dari sudut pandang pihak perusahaan. Sedangkan dari sudut pandang pelamar, diwawancarai lewat telepon akan lebih membuat dag dig dug sebab Anda akan kurang waktu menyesuaikan diri dengan situasi wawancara, sebagaimana yang bisa Anda lakukan saat melakukan wawancara langsung.

Oleh karena itu Ladies, perlu Anda ketahui beberapa rules of thumbs untuk wawancara jenis ini. Terlepas dari posisi apa saja yang ditawarkan pada Anda, kemungkinan akan ada lima pertanyaan pokok yang ditanyakan.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut meliputi deskripsi diri, pengalaman seputar pekerjaan, kelebihan, kekurangan, serta fee yang diminta, seperti langsiran laman Careercast.com. Nah Ladies, poin penting yang perlu Anda ketahui adalah efisiensi; yakni sediakan jawaban yang singkat, padat, dan jelas, sebab di sini waktu adalah yang menjadi tema besar bagi perusahaan tersebut.

Jika ditanya tentang deskripsi diri, pastikan Anda tidak menceritakan dengan alur maju mundur serta setting yang membingungkan. Sampaikan saja tentang sisi profesionalisme Anda secara singkat, mulai dari capaian Anda di pekerjaan atau profesi sebelum ini, yang bisa memberikan gambaran bagi pihak perusahaan tentang kinerja Anda.

Selain itu Ladies, Anda pun mungkin akan ditanya tentang pengalaman. Lagi-lagi, Anda perlu pastikan bahwa Anda hanya menyampaikan pengalaman seputar pekerjaan yang diterima. Pengalaman tersebut harus berisi bagaimana Anda mengatasi atau mencegah masalah terjadi sehingga hal tersebut bisa sekaligus menjadi kelebihan Anda yang akan menjadi keuntungan bagi perusahaan untuk menerima Anda.

Kelebihan dan kekurangan Anda pun akan dipertanyakan, Ladies. Di poin ini, pastikan Anda memberikan poin kelebihan Anda seputar skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut, kemampuan menghadapi masalah, serta pemahaman atas tanggung jawab Anda dalam tim. Berikan ulasan singkat bahwa yang Anda akan lakukan akan menentukan kinerja lainnya.

Dalam menjawab kekurangan nih Ladies, bisa Anda utarakan jujur apa adanya atau pun Anda simpan beberapa. Namun, terlepas dari jawaban apa saja yang Anda berikan, Anda harus menutupnya dengan memberi kesan bahwa kekurangan tersebut bisa secara bijak Anda atasi dengan strategi tertentu.

Yang terakhir adalah ketika ditanyakan tentang fee yang Anda inginkan. Janganlah serta merta mengucapkan jumlahnya. Tunjukkan sisi profesionalisme Anda, bahwa Anda belum tahu pasti seberapa besar diri Anda berkontribusi pada keberhasilan tim, lalu Anda sebutkan jumlahnya.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading