Sukses

Lifestyle

Belum Dipromosikan; Tak Perlu Sedih

Sudah berbagai upaya yang Anda mungkin telah lakukan demi posisi lebih tinggi dalam karir Anda, entah atas alasan apapun. Yup, Ladies, promosi memanglah menjadi salah satu target bagi kebanyakan staf yang bekerja di instansi yang menawarkan peluang untuk dinaikkan jabatan – beserta bayarannys – untuk stafnya dengan berbagai pertimbangan tertentu.

Dan seperti yang sudah disebutkan bahwa promosi merupakan target untuk ‘kebanyakan’ staf, sehingga bagi peluang untuk dipromosikan untuk Anda pun mesti dibagi dengan yang lainnya. Nah Ladies, hal tersebutlah yang bisa membuat Anda cukup BT; bahwa Anda masih harus berlomba seperti saat hendak mendapatkan kerja dulu.

Tak hanya itu yang membuat Anda lebih sedih lagi, Ladies. Terkadang ketika ada rekan Anda yang lebih beruntung dengan mendapatkan promosi tersebut, rekan atau bahkan Anda sendiri akan beranggapan bahwa dia kurang layak mendapatkannya, entah atas dalih apa.

Bisa jadi Anda berpikiran bahwa kinerja rekan Anda tersebut tidak lebih baik dari Anda. Sikapnya di kantor yang cenderung acuh, kurang profesional, atau apa sajalah, hingga Anda menyimpulkan bahwa Anda lebih baik. Namun Ladies, kenyataan bahwa dia dipromosikan cukup memberikan bukti bahwa pihak instansi Anda telah menentukan standarnya sendiri untuk menyatakan bahwa seorang staf layak dipromosikan.

Anda pun mulai akan kehilangan keceriaan yang Anda bayangkan jika gaji Anda ditambah saat dipromosikan. Mulai dari cita-cita untuk membeli rumah baru, kendaraan baru, atau sekadar menabung untuk berlibur. Dampak terburuknya adalah semangat kerja Anda mulai memudar.

Jangan sedih ya, Ladies. Anda perlu tahu bahwa promosi bukanlah segalanya. Seperti dalam langsiran laman Approachpeople.com, bahwa dalam menghadapi masa-masa seleksi untuk dipromosikan, Anda haruslah bersikap realistis dan tak kehilangan kendali atas keinginan Anda tersebut.

Dan jika memang kenyataannya Anda belum beruntung sekarang untuk dipromosikan, Anda masih punya waktu untuk menyusun strategi lain agar dapat dipromosikan. Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu beradaptasi lagi dengan job description baru Anda, sehingga Anda masih bisa tetap profesional di bidang sekarang.

Ladies, Anda juga tidak perlu sedih karena promosi bukanlah satu-satunya cara bagi Anda untuk meningkatkan karir Anda. Bahkan nih, dengan posisi Anda yang sekarang pun Anda mungkin punya peluang untuk mendapatkan tunjangan atau bonus atas kinerja Anda atau kontribusi dalam memenangkan tender.

Masih sedih juga? Nah, mengapa Anda tak mulai dengan mencari tahu alasan rekan Anda dipromosikan? Atau mengapa Anda tak berterus terang mengungkapkan keinginan Anda pada atasan untuk mendapatkan kesempatan dipromosikan? Intinya adalah if you never try, you will never know.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading