Sukses

Lifestyle

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Interview Mendadak

Bukan rahasia lagi kalau kita sering dibuat stress oleh persiapan interview kerja. Apalagi kalau panggilannya sangat mendadak dan membuat kita kebakaran jenggot. Namun, Ladies, meskipun ada banyak hal yang harus kita persiapkan dalam waktu yang sangat singkat, kita harus tahu apa yang harus kita lakukan terlebih dahulu.

Buat prioritas, dan lakukan. Jangan panik, and you have to know what to do. Berikut ulasan tentang apa saja yang harus kita lakukan untuk mempersiapkan interview yang mendadak seperti yang dilangsir oleh laman college.monster.com.

Pastikan Anda Bisa Memenuhi Panggilan Tersebut
Ketika Anda menerima telepon, email atau pesan singkat yang mengundang Anda untuk melakukan interview, pastikan dulu Anda bisa datang ke tempat dan jam yang sudah ditentukan. Kalau tidak mengetahui dengan pasti tempatnya, Anda bisa langsung bertanya alamat lengkapnya. Selain itu, pastikan juga Anda tidak punya jadwal lain yang harus dipenuhi di jam tersebut.

Kalau dirasa tidak memungkinkan, Anda bisa mengusulkan jadwal di hari dan jam lain. Namun yang pasti, Anda harus menjelaskan dengan sedetail mungkin alasan mengapa tidak memungkinkan untuk menjalani interview di jam yang telah ditentukan.

Kepo Tentang Perusahaan
Berhubung Anda tidak punya waktu banyak untuk melakukan ini, fokuskan pada beberapa informasi saja. Seperti misalnya misi dan komitmen perusahaan. Mengakrabkan diri dengan produk dan tujuan perusahaan akan menunjukkan seberapa antusias Anda untuk bergabung dengan perusahaan dan ini akan menjadi nilai plus tersendiri untuk Anda.

Perhatikan Penampilan
Tidak perlu lantas pergi ke salon untuk mempersiapkan penampilan kita, Ladies. Lakukan yang simple dan bisa dilakukan di rumah saja. Misalnya kalau rambut Anda mulai berantakan dan ada alat smoothing di rumah, nggak ada salahnya menyempatkan waktu untuk merapikan rambut. Akan lebih enak dilihat juga, kan?

Sedikit polesan make-up juga perlu, Ladies. Make-up biasanya justru malah sangat dibutuhkan ketika Anda melamar pekerjaan yang memang mewajibkan pegawainya untuk berdandan. Ini akan menambah nilai plus untuk Anda.

Siapkan Interview di Depan Kaca
Nah, ini part yang penting ya, Ladies. Siapkan pengalaman kerja kita yang keren dan bisa menjadi nilai tambah untuk kita. Setelah itu, prepare yourself to face the interview in front of your mirror. Bayangkan saja seolah-seolah Anda diberi pertanyaan dan harus menjawab pertanyaan tersebut sekarang. Perhatikan cara menjawab Anda, ekspresi serta sikap tubuh yang baik.

Datang Beberapa Menit Lebih Awal
Datang beberapa menit lebih awal dari jam yang telah ditentukan bisa memberi Anda sedikit waktu untuk mempersiapkan diri Anda lagi, sambil melihat catatan yang telah Anda buat sehari sebelumnya. So, don’t stay up late, supaya paginya Anda tidak bangun kesiangan.
Good luck.

Oleh: Septia Ningrum 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading