Sukses

Lifestyle

Siapa Yang Harus Bayar Saat Kencan, Pria atau Wanita?

Ladies, menurut Anda, siapa yang harus mentraktir saat kencan? Pria atau wanita? Perlukah bergiliran mentraktir atau sebaiknya Anda dan pasangan membeli tiket nonton sendiri? Umumnya, wanita akan “meminta” sang pria mengeluarkan dana kencan, dan kebiasaan ini otomatis membuat pria merasa memiliki kewajiban untuk mentraktir pasangannya setiap kali pergi kencan.

Erina Lee, seorang ilmuwan senior, mengatakan bahwa peran pria untuk lebih banyak berkontribusi pada setiap kencan sudah menjadi aturan tak tertulis tradisional sejak tahun 1980-an. Namun, perlahan pada tahun-tahun berikutnya, sejumlah wanita mulai ikut berpartisipasi membiayai kencan selama hubungan berlangsung.

Seperti yang disebut Erina dalam situs www.eharmony.com, wanita tidak seharusnya bergantung pada pria dan seolah-olah tidak mau mengeluarkan sepeserpun uang. Selama beberapa kali kencan di minggu-minggu awal hubungan Anda, biarkan si pria mentraktir Anda. Karena umumnya, pria juga ingin menunjukkan bahwa ia cukup bertanggung jawab dan mampu menyenangkan hati Anda.

Sebuah penelitian yang dilansir dalam time.com menunjukkan bahwa lebih dari 50% pria merasa wajib mengeluarkan dana kencan, dan sebanyak 63% wanita memang mengharapkan pasangannya mentraktir setiap kali kencan. Bahkan, penelitian yang dilakukan Chapman University mengungkapkan bahwa 39% wanita yang membayar saat kencan sebenarnya berharap pasangannya akan menolak ditraktir!

Namun, Erina Lee menyarankan agar sesekali Anda, sebagai wanita, ikut berkontribusi mengeluarkan dana kencan. Menawarkan untuk membayar tiket nonton atau makan malam akan menunjukkan bahwa Anda menghargai pasangan dan tidak pelit. Lagipula, bila Anda terus membiarkan pasangan Anda mentraktir, misalnya selama bertahun-tahun berpacaran, hubungan Anda akan lebih tampak sebagai hubungan parasit.

Beberapa pria mungkin berpenghasilan lebih sedikit daripada wanita. Nah, jika Anda memang memiliki penghasilan yang lebih banyak daripada pasangan, usahakan untuk tidak membuat pria merasa direndahkan. Jika ia memang berniat mentraktir (berkali-kali), sebaiknya jangan langsung menawarkan diri untuk membayar. Pilihlah waktu yang tepat, misalnya Anda yang mengajukan usul tempat kencan atau mungkin memberinya kejutan makan malam atau makan siang untuk merayakan keberhasilannya atau Anda.

Bila pasangan tidak keberatan, Anda berdua bisa membagi pengeluaran kencan. Misalnya, Anda yang bertanggung jawab membayar uang parkir dan camilan, sementara pasangan Anda membayar tiket nonton, makan, atau bensin. Anda juga perlu memahami keadaan keuangan pasangan, misalnya ketika harus mengeluarkan ekstra dana untuk kebutuhan pribadinya, jangan menuntutnya untuk pergi kencan sesering yang Anda mau meskipun Anda menawarkan diri untuk mentraktir. Kecuali jika ia memang tidak merasa keberatan.

Nah, mungkin Anda berdua bisa mencoba untuk menabung bersama, alias menyisihkan sedikit penghasilan berdua untuk biaya kencan Anda. Cukup adil, bukan?


Oleh : Puteri Krisnasekar

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading