Sukses

Lifestyle

Cara Agar Klepon Tidak Pecah Saat Direbus, Berikut Tipsnya!

Fimela.com, Jakarta Klepon sebenarnya kue tradisional yang cukup mudah dibuat. Bahan-bahan yang dipakai pun sederhana. Hanya saja tantangannya adalah bila tidak menggunakan cara atau teknik yang tepat, klepon bisa pecah ketika direbus.

Supaya klepon tidak pecah saat direbus, ada sejumlah tips dan cara sederhana yang bisa kita lakukan. Agar isian gula merah di dalamnya tidak pecah dan merusak penampilannya, klepon perlu direbus dengan memperhatikan sejumlah hal berikut ini.

1. Tambahkan Sedikit Air Kapur Sirih pada Adonan Klepon

Kita bisa merendam air kapur sirih selama semalaman untuk mendapatkan kualitas air kapur sirih yang bening. Air kapur sirih tersebut bisa kita gunakan untuk menghasilkan klepon yang kenyal dan kesat. Tambahkan sedikit air kapur siri pada adonan klepon sebelum dibentuk. Setelah dibentuk bulat-bulat dan diberi isian, klepon pun nantinya tidak akan mudah pecah ketika direbus.

2. Isian Gula Merah Bisa Dipotong Seukuran Batu Kecil

Gula merah yang akan kita gunakan sebagai isian klepon bisa kita sisir untuk memudahkan kita memasukkannya dalam adonan klepon. Tapi alternatif lain yang lebih mudah adalah memotong gula merah seukuran batu kecil, untuk kemudian tinggal dimasukkan satu per satu ke adonan klepon yang kita buat. Isian gula merah ini juga jangan terlalu banyak, ya. Kalau isiannya kebanyakan, nantinya malah menyusahkan kita untuk menutup adonannya sehingga rentan pecah.

3. Masukkan Klepon dalam Air yang Sudah Mendidih

Rebus air dalam panci sampai benar-benar mendidih. Setelah itu kita bisa memasukkan klepon yang sudah kita bentuk bulat-bulat. Kalau klepon dimasukkan dalam air yang belum mendidih, nantinya gula akan mencair sebelum klepon sempat direbus dan membuat klepon jadi gampang pecah. Ketika klepon sudah mengambang, kita bisa langsung mengangkat dan meniriskannya.

Klepon pun paling nikmat disantap dengan kelapa parut. Semoga tips dan info di atas bermanfaat, ya!

What's On Fimela
Loading