Sukses

Lifestyle

Fakta Bubur Sumsum, Makanan dengan Rasa Manis Gurih di Setiap Suapannya

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela menjadi salah satu pencinta bubur? Dari sekian banyak varian bubur yang ada, apakah bubur sumsum menjadi salah satu makanan favoritmu?

Bubur sumsum merupakan salah satu makanan yang bisa ditemukan dengan mudah di berbagai kota di pulau Jawa. Bubur sumsum juga bisa ditemukan dengan mudah di kota lain di luar pulau Jawa. Rasa bubur sumsum sangat menggugah selera yakni manis gurih di setiap suapannya.

Fakta Menarik Bubur Sumsum

Bubur sumsum adalah makanan yang terbuat dari tepung beras yang dimasak bersama air dan diberi bumbu sedikit garam hingga mengental. Bubur sumsum disajikan bersama saus gula jawa dan santan kelapa sehingga menghasilkan perpaduan rasa manis gurih yang lezat. Bubur sumsum bisa disajikan dalam kondisi hangat atau pun dingin.

Asal-usul Bubur Sumsum

Sejauh ini, tidak diketahui secara pasti dari mana asal bubur sumsum. Namun yang pasti, bubur sumsum banyak ditemukan di daerah Jawa lalu menyebar ke berbagai daerah lainnya bahkan hingga ke negeri tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

Melansir dari laman wikipedia.com, nama bubur sumsum berasal dari penampilan bubur yang putih bersih seperti sumsum tulang. Beberapa pendapat menyebutkan jika bubur sumsum merupakan makanan simbol kesederhaan karena terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita. Ini juga dikatakan sebagai makanan yang bisa disajikan untuk semua kalangan mulai dari kalangan bawah hingga atas.

Penyajian Bubur Sumsum

Biasanya, bubur sumsum disajikan sebagai camilan atau makanan penutup. Bubur sumsum bisa disajikan sebagai menu camilan sehari-hari atau disajikan di acara perayaan-perayaan penting seperti hari kelahiran bayi dan hari selamatan.

Mengenai bubur yang satu ini, ada sebagian besar orang Jawa menyebutnya dengan nama jenang dan bisa ditemukan dengan mudah di penjual jajanan tradisional atau di pasar tradisional. Agar rasanya semakin menggugah selera, bubur sumsum juga bisa disajikan bersama makanan lain seperti bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, jenang grendul, dawet dan sejenisnya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading