Sukses

Lifestyle

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Tahu dan Tofu

Fimela.com, Jakarta Bukankah tahu dan tofu adalah satu hal yang sama? Keduanya sama-sama terbuat dari kedelai dan rasanya juga mirip antara satu dengan lainnya. Bagaimana keduanya bisa berbeda?

Sebenarnya, tofu adalah bahasa Inggris dari tahu. Banyak orang yang mengatakan jika tahu dan tofu adalah dua hal yang sama. Hanya saja, di Indonesia sebagian besar orang menyebutkan jika tofu adalah tahu yang berasal dari Jepang dan memiliki perbedaan cukup signifikan dari tahu. Walau sepintas keduanya serupa dan nyari sama, ada beberapa hal yang menjadi pembeda di antara keduanya.

Pembuatan

Pada proses pembuatan, bahan penggumpal yang digunakan di keduanya bisa berbeda. Pada tofu, bahan penggumpalnya GDL (Glucono Delta Lactone) dengan jumlah sangat rendah sebesar 0,2 - 0,3 persen dari jumlah susu kedelainya. Sedangkan pada tahu, bahan penggumpalnya bisa dengan asam asetat, GDL atau kalsium sulfat atau cairan sisa dari pembuatan tahu sebelumnya dengan jumlah cukup banyak.

Tekstur

Tofu memiliki tekstur yang empuk, lembut dan lunak. Karena teksturnya yang lembut, tofu sering juga disebut sebagai tahu sutera. Sedangkan tahu, teksturnya lebih padat.

Kandungan Air Hingga Jenisnya

Kandungan Air

Tofu memiliki kandungan air yang cukup banyak atau melimpah. Sementara tahu, kandungan airnya sangat sedikit mengingat dalam pembuatannya kandungan air dalam tahu telah dikurangi.

Jenis Tahu dan Tofu

Ada beberapa jenis tofu yang bisa ditemukan di Indonesia. Jenisnya antara lain adalah momen tofu (tahu bertekstur seperti katun), kinu tofu (tahu bertekstur seperti sutera) dan tofu dengan berbagai rasa. Sedangkan untuk tahu, secara umum tahu ada tiga jenis yakni tahu putih, tahu kuning dan tahu sumedang. Tahu juga bisa berupa tahu pong dan tahu buat.

Olahan Tahu dan Tofu

Karena teksturnya yang sangat lembut, dalam olahannya tofu sering diolah menjadi isian sup. Beberapa ada yang menggoreng tofu dengan catatan saat menggoreng harus ekstra hati-hati agar tidak hancur saat digoreng. Sedangkan untuk tahu, karena teksturnya yang cukup padat, tahu bisa diolah menjadi berbagai macam masakan mulai dari masakan kuah, goreng, tumis hingga pepes.

Itulah perbedaan tahu dan tofu. Meski keduanya serupa dan nyaris sama, ternyata ada beberapa perbedaan di dalamnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading