Sukses

Lifestyle

5 Cara Membangun Rasa Saling Percaya dalam Hubungan Tanpa Saling Membebani

Fimela.com, Jakarta Sudah sering kita mendengar bahwa salah satu kunci keharmonisan hubungan adalah dengan memiliki sikap saling percaya. Tapi membangun rasa saling percaya kadang terasa berat dan penuh beban pada awalnya. Meski begitu, tetap ada usaha yang perlu dilakukan untuk membangun kepercayaan dengan pasangan.

Lima cara di bawah ini bisa dicoba untuk membangun rasa saling percaya dalam hubungan. Tips-tipsnya sebenarnya cukup sederhana. Selama bisa dilakukan dengan baik, besar kemungkinan rasa saling percaya dalam hubungan akan tumbuh dengan sendirinya.

1. Tepati Setiap Janji

Kalau sudah janji minggu depan bakal menemaninya pergi ke sebuah acara, maka tepatilah. Setiap janji yang dibuat perlu ditepati. Kalau kemudian terpaksa tak bisa memenuhi sebuah janji, utarakan alasan dengan jujur. Bila perlu lakukan sesuatu yang lain untuk menebus janji yang tak ditepati tersebut. Saat sudah bisa sama-sama saling menepati janji, maka rasa saling percaya nantinya akan mulai bertunas dengan sendirinya.

2. Luangkan Waktu Lebih Banyak Berbagi Cerita

Ngobrol santai. Curhat soal aktivitas atau hari yang dilewati. Luangkan waktu yang lebih banyak untuk bisa saling berbagi cerita. Ciptakan rasa nyaman saat mengobrol. Mungkin akan ada rahasia-rahasia kecil yang kita bagi dengannya. Pun dengan dirinya yang mungkin juga akan terbuka soal rahasia-rahasia yang ia punya.

3. Jujur Soal Masa Lalu atau Kenangan Buruk yang Pernah Ada

Mungkin ada kisah dari masa lalu yang cukup pahit untuk kita. Atau ada kenangan buruk yang membuat kita merasa trauma. Kita bisa membagikan cerita tersebut dengan jujur pada pasangan kita. Saat ia tahu bahwa kita sudah mau lebih terbuka soal perkara-perkara yang cukup sulit di hidup kita, ia pun nantinya bisa ikut teruka membicarakan lebih banyak hal tentang dirinya.

4. Cemburu Secukupnya

Cemburu bisa jadi tanda cinta dan peduli. Tapi kalau cemburunya berlebihan nantinya malah hanya akan menimbulkan rasa saling curiga. Kalau sudah ada komitmen dalam hubungan untuk dijaga bersama, maka perlu kita jaga dengan baik. Percaya pada pasangan bahwa ia akan berusaha sebaik mungkin untuk tidak mendua. Dan minta pasangan untuk percaya pada kita bahwa kita akan selalu menjaga kesetiaan dengan sebaik mungkin.

5. Hindari Memaksa Pasangan untuk Langsung Berubah Sesuai Standar Kita

Kita dan pasangan memang dua individu berbeda. Jadi akan sulit bila kita memaksa pasangan untuk berubah sesuai standar kita dalam waktu singkat. Lebih baik untuk berusaha saling menerima dan menyesuaikan diri. Sehingga nanti rasa saling percaya bisa tumbuh tanpa membebani diri satu sama lain.

Lima cara di atas bisa dicoba untuk membangun rasa saling percaya dalam hubungan. Tidak menutup kemungkinan masih ada banyak cara lain yang bisa digunakan untuk membangun kepercayaan. Atau mungkin Sahabat Fimela punya tips sendiri? Share di sini, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading