Sukses

Lifestyle

10 Cara Alternatif untuk Dapatkan Dana Pensi

Fimela.com, Jakarta Buat yang sudah pernah merasakan keseruan pensi alias pentas seni dijamin bakal ketagihan. Pasalnya, konsep yang diusung setiap sekolah selalu berbeda tiap tahunnya, belum lagi bintang tamu yang diundang pun biasanya tergolong musisi yang nge-hits atau tengah naik daun.

Untuk mempersiapkan acara yang biar ‘pecah’, tentunya dibutuhkan dana yang tak sedikit. Jajal 10 cara mendapatkan pemasukan untuk menggelar pensi yang super meriah berikut ini.

Berjualan Bunga

Biasanya, pengumpulan dana untuk pensi tidak hanya dilakukan sebulan dua bulan, tapi bisa sepanjang tahun. Nah, berjualan bunga bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar, terutama saat menyambut Hari Valentine atau wisuda. Jangan lupa hias dengan cantik dan menarik untuk menarik minat konsumen.

Mengamen

Bukan bermaksud menyaingi pengamen yang mengais rejeki di jalanan, bentuk band atau kelompok penyanyi yang mumpuni dan tawarkan untuk mengisi acara di cafe atau restoran. Bisa juga memanfaatkan car free day dengan membawakan lagu-lagu yang populer sambil memajang poster pencarian dana pensi.

Membuka Lapak Barang Bekas Layak Pakai

Salah satu cara yang sering digunakan untuk menggalang dana adalah berjualan barang bekas tapi masih layak pakai. Biasanya, murid-murid sekolah dengan kompak menyumbangkan barang-barang second, mulai baju, buku, hingga collectible item, yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Cari area yang cukup ramai untuk menarik minat calon pembeli, misalnya area sekitar sekolah atau acara bazar.

Jasa Foto Keliling

Modalnya hanya kamera, printer portable, dan kemampuan untuk mengambil foto. Panitia bisa saling berbagi tugas untuk menjadi jasa foto keliling, misalnya di tempat wisuda, tujuan wisata, maupun car free day. Untuk menarik minat masyarakat, tidak ada salahnya melengkapi diri dengan berbagai properti foto unik dan menarik.

Mencari Sponsor dari Orang Tua Murid

Bisa dibilang cara ini sangat lumrah dilakukan saat sekolah akan mengadakan acara besar. Biasanya orang tua murid yang bekerja atau mengelola usaha menjadi sasaran empuk untuk meraih dana. Ada yang sekadar menitipkan proposal untuk dberikan pada calon sponsor, tapi jika skalanya besar ada baiknya menghadap langsung dan menjelaskan tujuan penggalangan dana.

Menawarkan Jasa EO Pensi Lain

Buat yang sudah punya pengalaman mengurus pensi, tidak ada salahnya menawarkan jasa EO kecil-kecilan pada sekolah lain. Bukan hanya mendapatkan keuntungan yang dapat disisihkan untuk dana pensi, tapi juga mendapat pengalaman yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan pensi yang lebih baik.

Berjualan Karya Seni

Punya teman yang jago di bidang menggambar, melukis, atau foto? Ajak mereka untuk membuat karya baik dalam bentuk baju, lukisan, maupun dekorasi rumah untuk dijual di acara sekolah atau car free day. Bisa juga memasarkannya di akun media sosial yang dibuat khusus untuk pensi sekolah.

Menjual Makanan

Manfaatkan teman atau orang tua murid yang jago masak maupun membuat kue. Hasilnya bisa dijajakan di sekolah setiap hari atau saat bazar sekolah. Bisa juga menawarkan layanan delivery order di momen-momen tertentu, misalnya Hari Valentine hingga hari besar keagamaan seperti Lebaran maupun Natal.

Mengedarkan Kotak Sumbangan

Pensi bukan hanya jadi tanggung jawab panitia saja, tapi juga jadi kebanggaan seluruh murid sekolah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya meminta sumbangsih mereka dengan mengisi kotak sumbangan yang diedarkan untuk membantu penggalangan dana.

Mengikuti Kompetisi

Kini makin mudah menemukan event kompetisi tingkat sekolah lewat media sosial. Selain mengharumkan nama sekolah, hadiah berupa uang tunai juga bisa dimanfaatkan untuk menambah dana pensi.

Selain 10 cara di atas, masih ada cara lain yang lebih efektif untuk mendapatkan sponsor dengan lebih mudah, yaitu melalui Hiventory. Kalau nggak percaya, buktikan sendiri, deh! Ada banyak sponsor besar yang menunggu untuk kamu jemput. Jadi, yuk segera daftarkan eventmu di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading