Sukses

Lifestyle

3 Aturan Agar Tubuh Tidak Bertambah Kurus Saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Puasa bisa menjadi momen yang ditakuti bagi para pemilik tubuh kurus. Berkurangnya kesempatan untuk makan mungkin akan membuat berat badan terus turun sehingga berat badan semakin jauh dari ideal.

Hal itu memang benar bisa terjadi, tapi tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Berkurang 1-2 kilogram setelah puasa itu masih dalam hitungan wajar, kok. Sebab ada perubahan pola makan yang terjadi.

Yang harus dijaga adalah agar berat badan tidak berkurang terlalu signifikan. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga berat badan tetap stabil selama menjalankan puasa Ramadan.

Atur Porsi

Jadikan kebutuhan kalori harian sebagai pacuan. Misal kebutuhan kalori harian sebesar 2000 kal, maka berusahalah untuk memenuhinya dengan cara mengonsumsi makanan berkalori tinggi, atau dengan makan tiga kali yaitu saat buka puasa, setelah salat tarawih, dan ketika sahur.

Lihat menu

Siasati keterbatasan kesempatan makan dengan cara mengonsumsi makanan berkalori tinggi dan padat ketika makan. Contohnya; susu full cream, kacang-kacangan, alpukat, dan smoothies.

Tidur cukup

Pola tidur pasti akan berubah selama puasa Ramadan, dan itu bisa mempengaruhi timbangan berat badan. Nah, agar metabolisme tubuh tetap berjalan senormal mungkin, usahakan tidur tepat waktu dan durasi yang cukup.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading