Sukses

Lifestyle

4 Tips Bijak Mengelola THR di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Mendapat Tunjangan Hari Raya alias THR, siapa yang tidak langsung senyum-senyum sendiri? Pastinya ada rasa bahagia sendiri saat kita bisa mendapatkan THR di bulan Ramadan ini. Kita bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan lain.

Tapi gimana sih cara yang tepat mengalokasikan THR? Jangan sampai uang dari THR tiba-tiba habis begitu saja tanpa kita sadari sudah kita gunakan untuk apa saja. Nah, biar nggak bingung dan bisa lebih maksimal dalam mengalokasikan THR, simak empat tips sederhananya berikut ini.

1. Alokasikan untuk Zakat dan Sedekah

Ada kewajiban zakat fitrah yang harus kita penuhi di bulan Ramadan ini. Memperbanyak sederkah juga sangat dianjurkan di bulan yang penuh berkah ini. Ada hak orang lain dari sebagian rezeki yang kita dapatkan. Alangkah baiknya kita langsung mengalokasikan THR untuk sedekah dan zakat sebagai prioritas utama.

 

2. Bayar Utang atau Cicilan

Masih punya utang atau cicilan? Usahakan untuk membayar semua tanggungan yang ada tersebut. Kalaupun belum bisa melunasi semua utang, setidakny bisa dicicil sebagian dengan THR yang ada. Siapa tahu setelah Ramadan, kita bisa terbebas dari utang. Selain itu, dengan memenuhi kewajiban membayar utang terlebih dahulu, kita juga bisa terhindari dari gaya hidup konsumtif.

3. Alokasikan untuk Jamuan dan Kebutuhan Lebaran

Berbeda dari bulan-bulan sebelumnya, selama bulan Ramadan ini kita juga disibukkan dengan menyiapkan jamuan dan kebutuhan lebaran. Mulai dari aneka kue kering, jamuan untuk para tamu saat hari raya lebaran, uang untuk salam tempel ke anak-anak dan para kerabat, kebutuhan untuk membeli baju baru, hingga biaya mudik. Beli dan buat anggaran sesuai dengan yang benar-benar kita butuhkan untuk lebaran. Kalaupun sedang sangat butuh baju lebaran, beli sesuai kebutuhan saja tak perlu yang terlalu mewah. Sesuaikan dengan anggaran yang kita buat dari THR yang ada.

4. Dana Darurat

Kita bisa menggunakan sisa THR sebagai dana darurat. Untuk jaga-jaga bila mendadak ada keperluan untuk bersilaturahmi ke kerabat atau saudara jauh. Mengingat saat lebaran kita juga akan memiliki waktu libur yang cukup panjang, maka ada baiknya kita selalu menyiapkan dana darurat yang bisa dipakai sewaktu-waktu.

Empat tips di atas merupakan tips-tips dasar yang perlu kita ketahui dalam mengelola alokasi THR. Tentu saja kita masih bisa menyesuaikannya lagi sesuai kebutuhan, misalnya perlu menyiapkan THR untuk asisten rumah tangga atau memberi hantaran pada para kolega. Semoga tips di atas bisa membantumu lebih bijak mengalokasikan THR, ya.

 

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Bitcoin Lagi Diskon, Peluang Cari Cuan Baru bagi Investor Pemula?
Artikel Selanjutnya
Melihat Tren Cryptocurrency yang Naik Daun, Mana yang Jadi Favorit di Indonesia