Sukses

Lifestyle

3 Momen Besar yang Terjadi di Bulan Ramadan Zaman Rasulullah SAW

ringkasan

  • Nabi Muhammad menerima wahyu pertamanya
  • Perang Badar sebagai tanda kejayaan umat Islam

Fimela.com, Jakarta Marhaban ya Ramadan. Tak terasa hari ini umat muslim telah sampai pada hari ke 10 bulan Ramadan. Bagi Sahabat Fimela yang menjalankan ibadah puasa, selamat menjalankan ibadah puasa dan terus semangat menebar serta memperbanyak ibadah juga kebaikan ya.

Bicara mengenai Ramadan, Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, kemuliaan dan ampunan. Bulan Ramadan juga menjadi bulan yang memiliki banyak sejarah atau peristiwa besar baik di zaman sekarang maupun di zaman Rasulullah.

Melansir dari laman nu.or.id, ada tiga momen atau peristiwa besar di zaman Rasulullah Muhammad SAW. Momen besar tersebut adalah bulan diturunkannya Al-Quran, kemenangan umat Islam pada Perang Badar dan Pembebasan Kota Makkah.

Momen Besar di Bulan Ramadan Zaman Rasulullah SAW

Melansir dari laman tirto.id, tepat pada tanggal 17 Ramadan 13 tahun sebelum hijrah, Rasulullah SAW menerima wahyu pertamanya. Menurut pakar astronomi yakni Syekh Mahmud Basya, tanggal itu bertepatan dengan awal Februari di tahun 610 Masehi. Untuk Perang Badar sendiri, ini terjadi pada Jumat, 17 Ramadan tahun 2 Hijriyah. Para ahli ulama dan sejarawan Islam, Perang Badar adalah tanda awal dari kejayaan umat Islam di zamannya.

Sedangkan pembebasan kota Makkah terjadi pada tanggal 20 Ramadan tahun 8 Hijriyah. Di tanggal ini para sahabat Nabi berhasil menaklukkan kota Makkah secara damai. Untuk peristiwa ini sendiri, banyak orang mengenalnya dengan nama Fathu Makkah.

Itulah beberapa momen atau peristiwa besar yang terjadi di zaman Rasulullah SAW. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita terhadap Islam juga sedikit mengenai sejarahnya. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading