Sukses

Lifestyle

Nikmat Sensasi Kemewahan Hotel Tanpa Merusak Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Organisasi Pariwisata Dunia kini fokus terhadap sustainable travel atau pariwisata keberlanjutan. Di mana pariwisata kini tidak hanya mempertimbangkan segi ekonomi dan estetika, namun juga sosial dan lingkungan pada masa kini dan masa depan.

CGH Earth merupakan sebuah grup perhotelan yang memiliki empat retret kesehatan, yakni SwaSwara, Prakriti Shakti, Kalari Kovilakom dan Kalari Rasayana yang berlokasi di Kerala, India. Pihaknya berkomitmen terhadap lingkungan dan komunitas lokal dalam pengelolaan hotel.

CGH Earth Wellnes berprinsip untuk menciptakan kemewahan dalam sensasi menginap di hotel namun berakar pada kesederhanaan dan jiwa tanpa merusak bumi. Lantas, apa yang dilakukan CGH Earth Wellness dalam pengelolaan hotelnya?

1. Pelestarian sejarah

Kalari Kovilakom merupakan istana berusia 200 tahun yang terletak di tanah kerajaan Vengunad di Distrik Palghat, Kerala Utara. Kemudian CGH Earth Wellnes membangunnya kembali untuk dijadikan sebagai situs untuk melestarikan warisan dan nilai historis istana dan mengubahnya menjadi tempat penyembuhan tradisional Ayurvedic.

Sementara, SwaSwara merupakan retret kesehatan yang mempertahankan tradisi dan ekonomoi lokal menggunakan teknik tradisional. Dengan melakukan ini, retret kesehatan turut menyediakan lapangan kerja di wilayah tersebut dan menjaga keutuhan desain bangunan.

Fokus pada lingkungan dan sosial

2. Konservasi lingkungan

Keempat retret CGH Earth Wellness sadar akan penggunaan air dan melakukan sistem daur ulang. Air hujan diproses secara higienis agar dapat dikonsumsi. Sementara air limbah dari kamar mandi, dapur, dan ruang perawatan diolah untuk menyirami tanah dan sampah dapur diolah menjadi pupuk tanaman.

CGH Earth Wellness pun menghindari penggunaan plastik dan menyediakan air hujan yang telah diprses secara higienis dalam botol kaca daur ulang. Sampo dan gel mandi yang disediakan dikemas dalam botol keramik kecil yang dapat diisi ulang.

3. Dukungan terhada ekonomi dan komunitas lokal

 
 
 
View this post on Instagram

Words of appreciation always motivate. Here’s what our guest from Mexico, Kelshine, had to say about his stay at Visalam. #MeAndCGHEarth #TamilNaduTourism⠀ ⠀ #CGHEarth #Chettinad #RuralIndia #KaraiKudi #PeopleofIndia #VisitIndia #TamilNadupeople #SouthIndian⠀#Visalam ----------------------------------------------------------------------------------------------⠀ tripadvisor review by Kelshine⠀ ⠀ The staff showed us such a warm welcome and we were so well cared for in a lovely space. The food was so delicious, we found it no need to go elsewhere. What a treat the once upon a Chettinad tour was. We loved everything about this hotel - from the chemical free pool to the yummy dosas to the beautiful decor. But the highlight was the warm, welcoming and accommodating staff.

A post shared by CGH Earth Experience Hotels (@cghearth) on

Setiap daerah di mana hotel dibangun memiliki karakter yang unik dan diekspresikan melalui kreasi kuliner yang ada. CGH Earth Wellness menggunakan bahan-bahan sayuran serta buah-buahan yang ditanam secara organik. Sehingga mendapatkan berbagai produk segar bebas pesitida dari petani lokal.

SwaSwara, Kalari Rasayana dan Kalari Kovilakom dikelola oleh komunitas lokal yang membawa ‘sentuhan lokal' unik melalui adat istiadat setempat ke pusat-pusat kesehatan tersebut. Selain itu,CGH Earth Wellness turut memberikan dukungan kepada sekolah-sekolah lokal dan mempromosikan program kesejahteraan masyarakat, seperti teknik pengelolaan air hujan, inisiatifpenanaman pohon, serta konservasi dan pendidikan satwa liar.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading