Sukses

Lifestyle

Tips Aman Mudik Pakai Sepeda Motor Bagi Perempuan

ringkasan

  • Cek kelayakan kendaraan
  • Gunakan Perlengkapan yang aman
  • Jangan ragu istirahat saat mulai capek

Fimela.com, Jakarta Marhaban ya Ramadan, tak terasa hari ini umat muslim telah sampai pada hari ke 22 Ramadan. Itu artinya, Hari Raya Idul Fitri tinggal sebentar lagi. Bicara mengenai Hari Raya Idul Fitri, selain momen silaturahmi dengan sanak saudara, momen ini juga menjadi moment mudik bagi orang-orang yang mengais rezeki atau berada di luar kota. Gimana, apakah Sahabat Fimela termasuk seseorang yang mudik juga?

Bicara mengenai mudik, kali ini Fimela punya tips aman bagi perempuan yang mudik dengan mengendarai sepeda motor. Tidak sedikit orang yang mengungkapkan jika mudik menggunakan sepeda motor lebih nyaman dan cepat sampai rumah. Apalagi jika jarak rumah dengan kota tempat menimbal ilmu atau bekerja cukup dekat. Bagaimana tips aman mudik dengan motor bagi perempuan?

Cek Kelayakan Kendaraan

Sebelum mudik dan menempuh perjalanan cukup jauh, pastikan untuk mengecek kelayakan kendaraan. Sebelum mudik, bawa motor ke bengkel untuk diservis. Pastikan jika motor yang hendak dipakai mudik performanya baik dan aman serta nyaman digunakan.

Batasi Barang Bawaan

Mudik biasanya identik dengan membawa barang bawaan atau oleh-oleh cukup banyak. Agar di perjalanan aman dan nyaman, usahakan untuk membawa barang bawaan atau oleh-oleh secukupnya saja. Jangan sampai barang bawaan saat mudik berlebihan. Hindari membawa barang bawaan dengan berat melebihi separuh berat badanmu.

Tips Aman Mudik Pakai Sepeda Motor

Gunakan Perlengkapan Mudik yang Aman

Pastikan untuk menggunakan perlengkapan mudik yang aman. Gunakan helm, sarung tangan, masker, sepatu dan perlengkapan lain yang membuatmu merasa nyaman serta aman. Gunakan juga jaket dan pakaian yang nyaman serta aman.

Mudik di Pagi atau Siang Hari

Bagi para perempuan sebaiknya mudik di waktu pagi atau siang hari. Di waktu siang umumnya akan lebih aman jika dibandingkan dengan mudik di malam hari. Mudik di waktu siang bagi perempuan juga memungkinkan dirimu untuk memiliki waktu cukup banyak dan santai dalam berkendara.

Mudik Ramai-ramai

Jika memungkinkan untuk mudik menggunakan motor beramai-ramai dengan teman atau sahabat yang satu kota tujuan, maka lakukan. Mudik secara ramai-ramai ini dinilai lebih aman. Ini juga akan membuat dirimu lebih semangat berkendara. Mudik beramai-ramai bisa memberi banyak manfaat apalagi jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan di jalan seperti ban bocor dan sebagainya.

Istirahat Jika Lelah

Jangan lupa istirahat jika merasa lelah selama perjalanan. Jangan memaksakan diri untuk tetap mengendarai motor saat merasa lelah apalagi mengantuk. Menjelang Hari Raya seperti sekarang ini ada banyak pos peristirahatan bagi pemudik di sepanjang jalan di setiap kota.

Itulah beberapa tips aman mudik dengan mengendarai sepeda motor bagi perempuan. Kalau dirasa melelahkan atau tidak memungkinkan mudik Ramadan dengan sepeda motor, sangat disarankan bagi Sahabat Fimela untuk mudik menggunakan kendaraan umum. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mudik dengan aman, nyaman sekaligus tanpa hambatan sedikit pun.

 

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading