Sukses

Lifestyle

Kronologi Sakit Kanker Darah Ani Yudhoyono

Fimela.com, Jakarta Beberapa kabar yang lalu, kita dikejutkan dengan kabar Ani Yudhoyono yang divonis menderita kanker darah. Didiagnosis kanker darah dengan pergerakan yang cukup agresif memang sempat membuat Ani Yudhoyono dan keluarga terkejut. Pasalnya, kanker tersebut tak menunjukkan gejala sama sekali. Sejak 2 Februari lalu, Ani menjalani perawatan medis di rumah sakit di Singapura.

Ibu Ani pun harus menjalani berbagai pengobatan yang intensif. Obat serta suntikan kemo diberikan demi kesembuhannya. Pengobatan yang dijalani membuat Ani Yudhoyono harus steril dari paparan virus dan bakteri yang mungkin menghampiri. Ani pun sempat harus "diisolasi" sementara, menghindari penyakit lain menyerangnya.

Ani harus menjalani pengobatan yang intensif.

Ani Yudhoyono pun fokus dalam menjalani kemoterapi baik injeksi maupun oral. Keluarga berharap kemoterapi bisa menghancurkan kanker darah yang ada di dalam. Sudah beberapa kali menjalani kemoterapi, di cycle kedua kondisi Ani tidak seaktif biasanya. Jika Ani Yudhoyono sering sekali posting di IG, maka setelah kemo kedua beliau belum bisa memosting di instagram seperti biasanya.

Selama menjalani perawatan kanker darah di National University Hospital Singapura, banyak hal yang dilakukan. Usai Subuh, Ani akan duduk-duduk melihat matahari terbit yang kebetulan terlihat dari jendela rumah sakit. Lalu, dilanjukan dengan makan pagi kemudian minum atau infus obat. Tak ketinggalan, setiap hari juga mandi dan memakai losion. Hal ini diungkapkan oleh menantunya, Annisa Pohan.

View this post on Instagram

I miss you Memo sayang, maafkan kami anak-anakmu beberapa hari ini absen menemani karena sedang berjuang di tanah air, Dengan restu Memo dan karena keinginan Memo kita semua pulang dan berjuang dulu (MasyaAllah masih sakit masih memikirkan masa depan bangsa), nanti setelah tanggal 17 April kami kembali memeluk Memo ya. Sementara ini Pepo yang bermalam di rumah sakit menemani Memo, tidur di sofa bed yang kecil utk ukuran badan Pepo..hehe.. Keterangan Foto: 1. Suasana hari-hari aku dengan Memo di dalam kamar jika Memo sedang bosan tiduran, Memo jalan-jalan keliling kamar, biasanya tiap hari aku ikut-ikutan pakai piyama biar kompak sama Memo hehe (foto diambil oleh tante aku dr jendela pintu). 2.Foto kedua suasana terbaru kemarin, Pepo yang menjaga Memo bermalam, suasana pagi hari setelah bangun, sang Romeo and Juliet minum teh pagi hehehe...(mereka pasangan paling mesra dan harmonis yang pernah aku lihat langsung selain di film-film). 3. Video ke-3 dan ke-4 Video Bulan lalu, Sewaktu Awal-awal di Rumah Sakit, Memo masih harus melakukan exercise berjalan di dalam ruangan selama 5 menit dan memakai Steps (naik tangge kalau kata therapist nya hehe). Memo yuk segera membaik kita exercise lagi ya nanti aku kesana, InsyaAllah menuju kesembuhan. . We Love you so much Memo! Get well soon Memo! Caiyo Memo! . #wefightcancer #letsfightcancertogether

A post shared by Annisa Pohan (@annisayudhoyono) on

Ani Yudhoyono pun dikabarkan menerima donor sumsum tulang belakang untuk perawatan kanker darahnya. Dia mendapatkan transplantasi dari sang adik, Pramono Edie Wibowo. Proses ini memindahkan sumsum tulang yang rusak dan diganti dengan yang baru. Ini berguna untuk mengganti "pabrik" yang sudah rusak dan mengganti sel darah merah, putih, dan trombosit sehingga berfungsi seperti semula. Untuk prosedur transplantasi sendiri bukanlah hal yang mudah. Pada pasien leukemia misalnya, dia harus menerima dulu perawatan kemoterapi. Gunanya adalah untuk membersihkan tubuhnya terlebih dulu dari sel-sel kanker.

Kemarin, seperti yang dilansir oleh Merdeka.com (30/5), kondisi Ani dikabarkan sempat menurun. Ani Yudhoyono membutuhkan penanganan ekstra dari pihak dokter Singapura, sehingga harus masuk ke dalam Intensive Care Unit (ICU). Sejumlah tindakan medis kini sedang dilakukan oleh tim dokter di National University Hospital (NUH) Singapura, tempat Ani Yudhoyono dirawat. Tindakan itu diambil sebagai respons cepat terhadap kondisi penurunan kesehatan Ani Yudhoyono yang masih belum stabil.

Pihak keluarga pun menemani Ani Yudhoyono dan memohon doa agar kondisi kesehatan Ani kembali stabil, terus membaik, dan dapat menjalani proses penyembuhan selanjutnya.

Simak juga video ini yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading