Sukses

Lifestyle

Proses Sembuhkan Kanker Darah dengan Transplantasi Sumsum Tulang Belakang

Fimela.com, Jakarta Seperti yang diketahui, Istri Presiden RI ke-6 Ani Yudhoyono masih menjalani perawatan di Singapura lantaran mengidap kanker darah. Ani telah mendapat donor sumsum tulang belakang dari adiknya yakni Pramono Edhie Wibowo, Mantan Kepala Staf Angkatan Darat. Lantas bagaimana transplantasi sumsum tulang belakang bisa menyembuhkan kanker darah?

Prosedur transplantasi sumsum tulang belakang ini dimulai dengan memberikan tubuh dosis tinggi kemoterapi dan juga radioterapi. Ini ditujukan untuk membunuh sel-sel kanker di tubuh pasien. Namun, proses ini juga bisa membunuh sel-sel punca di sumsum tulang belakang.

Ani Yudhoyono mendapat donor dari adik kandungnya.

Sebelum pasien menjalani kemoterapi, sel-sel sumsum tulang belakang donor akan diambil. Setelah kemoterapi, sel sumsum tulang belakang donor pun akan diberikan ke tubuh pasien lewat selang infus. Sel-sel baru ini akan menuju sumsum tulang belakang pasien. Sesampainya di sana sel-sel ini akan mulai memproduksi sel-sel darah yang sehat dan bebas kanker. Transplantasi sumsum tulang belakang ini biasanya dilakukan pada pasien yang tak bisa disembuhkan dengan kemoterapi standar.

Prosedur transplantasi ini pun bisa berlangsung cukup lama sekitar berminggu-minggu hingga berbulan-bulan untuk selesai. Kesuksesan transplantasi sumsum tulang belakang biasanya tergantung pada kecocokan genetik antara pasien dan pendonor. Biasanya yang paling cocok adalah saudara kandung. Namun, ini juga belum pasti cocok, kemungkinan kecocokannya hanya 25 persen saja. Jika memang tidak cocok, biasanya dokter akan mencari pendonor yang memiliki kecocokan genetik dengan pasien.

Untuk prosesnya sendiri, dokter akan menganastesi pendonor. Pendonor akan tidur dan tidak merasakan apapun saat prosedur pengambilan sumsum berlangsung. Setelah itu, dokter akan menusukkan jarum di beberapa bagian panggulnya untuk mengambil sel-sel sumsum tulang belakangnya. Akan dikumpulkan sekitar satu liter sumsum tulang belakang yang langsung dibekukan.

 

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading