Sukses

Lifestyle

Arus Balik Jalur Darat, Ini Tips Aman Selama di Perjalanan

Fimela.com, Jakarta Menghadapi arus balik usai Lebaran tidak lebih mudah dari arus mudik. Tentu saja, kamu memerlukan persiapan yang sama seperti mudik kemarin. Selain persiapan, menghadapi arus balik usai Lebaran 2019 juga perlu memerhatikan keselamatan. 

Apa lagi kalau kamu sekeluarga akan kembali ke Jakarta menggunakan kendaraan pribadi. Nah, demi keselamatan pemudik, Grab memberikan beberapa saran dan tips menghadapi arus balik yang aman. 

Pastikan tubuh sehat

Jangan anggap remeh arus balik. Sama seperti arus mudik kemarin, jalur pasti akan dipadati para pemudik. Menghabiskan waku cukup lama di perjalanan tidak mudah. Karena itu, selain membawa berbagai vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi kelelahan, pastikan juga tubuhmu sehat sebelum berangkat ke Jakarta dari kampung halaman. 

Periksa kondisi kendaraan

Demi keselamatan, selalu periksa kondisi kendaraan pribadimu sebelum berangkat. Bukan hanya sebelum berangkat dari kampung halaman, tetapi juga sebelum melanjutkan perjalanan usai beristirahat di rest area atau restoran. Periksalah BBM, tekanan angin ban, air radiator, oli mesin, dan lainnya. 

Pakai peta digital

Bukan cuma agar tidak salah jalan, peta digital juga berfungsi memberikan informasi mengenai kondisi di jalanan. Misalnya, jika tiba-tiba ada penutupan jalan, atau kemacetan dan kecelakaan. Sehingga, kamu bisa menghindarinya. Selain itu, di Grab App juga ada fitur Hotels yang akan mencarikan hotel terdekat dengan biaya terjangkau kalau kamu sekeluarga kelelahan saat menghadapi arus balik. 

Perbekalan

Jika tidak ingin banyak mampir di rest area, kamu bisa membawa bekal makanan dan camilan serta air minum. Soalnya, arus balik yang sangat padat memang akan membuatmu lapar di tengah kemacetan. 

Selain makanan, ada juga hal yang lain yang wajib dibawa. Yaitu, kotak P3K yang sangat penting. Jangan lupa juga oleh-oleh untuk keluarga dan teman di Jakarta. 

Meskipun ada banyak barang yang dianggap penting, kamu juga tetap harus memikirkan muatan bagasi mobil. Jangan sampai barang bawaan terlalu banyak hingga keluar dari sisi-sisi mobilmu. 

Make It Fun

Pulang ke Jakarta agak mepet dari jadwal kembali masuk kantor dan sekolah? Pastinya, jalur akan dipenuhi para pemudik. Makanya, tidak heran kalau kamu bakal kembali bad mood dan bosan berada di jalanan berjam-jam. 

Tapi, demi kebiahagiaan dan kesehatanmu, cobalah untuk menghibur diri dengan berbagai aktivitas sederhana yang bisa dilakukan dengan keluarga di dalam mobil. 

Misalnya, menggunakan fitur video streaming Hooq di aplikasi Grab untuk nonton film-film atau acara TV nasional live! Meksipun sangat ingin cepat sampai tujuan, jangan terlalu ngoyo, ya! Usahakan untuk berhenti 2-3 jam sekali untuk mengistirahatkan otot-otot tubuh, mengisi perut, dan melakukan kegiatan relaksasi lainnya. 

#GrowFearless with FIMELA

Loading