Sukses

Lifestyle

5 Inspirasi Sambal yang Pedas dan Segarnya Menggugah Selera

Fimela.com, Jakarta Sambal merupakan salah satu pelengkap segala jenis masakan agar nuansa makan semakin mengesankan. Bagi sebagian besar orang Indonesia, makan tanpa sajian sambal akan terasa membosankan. Kalau Sahabat Fimela, termasuk pribadi yang suka sambal juga apa tidak nih?

Ngomongin soal sambal, kali ini Fimela punya sedikitnya 5 inspirasi sambal yang pedas dan segarnya menggugah selera. Disajikan bersama nasi putih hangat, lauk ikan goreng, ikan bakar atau tahu tempe bacem, sambal-sambal ini akan sangat cocok.

Penasaran sambal apa yang memiliki rasa pedas dan segar menggugah selera? Simak yang berikut ini ya.

Sambal Matah dan Dabu-dabu

Sambal Matah

Sambal dengan rasa pedas dan kesegaran mengesankan pertama ada sambal matah. Sambal matah terbuat dari bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah dan cabai mentah kemudian disiram dengan air panas. Sambal matah tak hanya lezat tetapi juga sehat. Biasanya, sambal matah disajikan bersama ikan goreng atau ikan bakar.

Sambal Dabu-dabu

Sambal dengan sensasi pedas dan segar selanjutnya ada sambal dabu-dabu. Sambal dabu-dabu merupakan sambal khas Indonesia. Mirip dengan sambal matah yang dibuat dengan bahan bumbu mentah, sambal dabu-dabu memiliki kesegaran mengesankan. Ditambah adanya potongan tomat segar, menjadikan sambal dabu-dabu semakin menarik perhatian.

Sambal Tomat, Kecap dan Pencit

Sambal Tomat

Sambal dengan sensasi pedas dan segar selanjutnya ada sambal tomat. Sambal tomat merupakan sambal yang digemari oleh semua orang. Sambal tomat dengan tambahkan irisan jeruk limau atau tetesan air jeruk nipis akan menciptakan kesegaran yang super menggugah selera.

Sambal Kecap

Sambal kecap juga menjadi sambal yang bisa dibilang memiliki sensasi pedas dan kesegaran mengesankan. Cara membuat sambal kecap sangat mudah. Iris cabai, bawang merah dan putih kemudian campur dengan kecap. Aduk rata dan sajikan bersama ikan bakar, ayam bakar atau lauk lainnya.

Sambal Pencit

Sambal pencit juga disebut sebagai sambal mangga muda. Rasa sambal pencit sangat pedas dan menyegarkan. Sambal ini cocok disajikan bersama ikan bakar, ikan goreng, ayam goreng, bebek goreng dan lauk sejenisnya.

Itulah beberapa inspirasi sambal yang memiliki cita rasa pedas sekaligus segar. Dari beberapa sambal di atas, mana nih yang menjadi favoritmu Sahabat Fimela?

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading