Sukses

Lifestyle

5 Obat Sakit Tenggorokan Terbaik Menurut Dokter

Fimela.com, Jakarta Akhir-akhir ini Data AirVisual menunjukkan udara Jakarta menunjukan kondisi udara tidak sehat. Polusi udara ini tentu dapat meyebabkan berbagai penyakit, seperti gangguan pernafasan hingga sakit tenggorokan.

Umumnya, sakit tenggorakan biasanya menjadi gejala dari berbagai penyakit seperti flu atau radang tenggorkan.

"Terpapar asap, menghirup udara kering, dan mengalami refluks asam cenderung merasa "sangat berbeda" dari infeksi, inilah penyebab sakit tenggorkan,"kata Jason Abramowitz, MD, spesialis THT di ENT and Allergy Associates, dilansir dari Prevention.com.

Tentu sakit tenggorokan ini sangat tidak nyaman karena dapat menimbulkan gatal hingga sulit menelan. Aktivitas pun akan terganggu jika mengalami penyakit ini.

Sakit tenggorokan ini, dapat diobati dengan pengobatan rumahan, apa saja? Yuk intip.

1. Minuman Cairan dingin

Dokter keluarga, Mia Finkelston, MD, yang tinggal di Maryland, mengatakan minum cairan dingin dapat membuat tenggorokan mati rasa dan menenangkan peradangan.

2. Mengisap es pop

Jika bosan menenggak air es, es loli bisa sama efektifnya melawan peradangan di tenggorokan. Pastikan untuk menghindari rasa jeruk yang dapat memicu refluks asam dan memperburuk gejala sakit tenggorokan.

3. Hindari makanan asam

Refluks asam — yang terjadi ketika asam yang diproduksi oleh lambung masuk ke tenggorokan — adalah penyebab umum sakit tenggorokan, kata Dr. Comer. Itu berarti apa pun yang memicu refluks asam dapat memperpanjang atau memperburuk sakit tenggorokan.

Karena itu, Dr. Comer merekomendasikan untuk menghindari soda, makanan yang digoreng, dan buah-buahan jeruk seperti jeruk dan lemon. Selain itu, lewati makanan sama sekali selama satu jam sebelum tidur. Makan sebelum tidur dapat menyebabkan refluks dan mulas.

4. Menelan antasida

Jika berpendapat bahwa refluks asam merupakan penyebab sakit tenggorokan, mengonsumsi antasida atau obat refluks lainnya dapat membantu meringankan rasa sakit, kata Dr. Finkelston. Sebagai pengobatan lini pertama, coba antasid yang dijual bebas.

5. Madu

Ada alasan mengapa madu adalah bahan yang populer dalam obat batuk, ternyata madu memiliki sifat antibakteri, melapisi tenggorokanmu untuk mengurangi iritasi.

Cukup tambahkan satu sendok makan ke air hangat atau teh dan minum sampai merasa gejala mereda. Ingatlah hal ini jika mengalami refluks asam: Madu bisa bersifat asam "jadi mungkin tidak ideal untuk tenggorokan yang berurusan dengan refluks asam yang buruk," kata Dr. Abramowitz.

 

 

#Growfearless with FIMELA

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Radang Tenggorokan dan Gejalanya yang Jarang Disadari