Sukses

Lifestyle

4 Cara Alami Meningkatkan Kadar Hormon Bahagia dalam Tubuh

ringkasan

  • Olahraga
  • Meditasi
  • Mendapatkan Sinar Matahari

Fimela.com, Jakarta Emosi dan kondisi mental kita dipengaruhi oleh hormon-hormon dalam tubuh kita. Memang kita tak bisa selalu bahagia setiap saat. Ada hari-hari yang kadang membuat kita merasa begitu sedih dan muram. Tapi bukan berarti tak ada cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kadar hormon bahagia di dalam tubuh.

Tubuh kita memiliki hormon-hormon bahagia yang memiliki peran penting untuk membuat kita bahagia. Dilansir dari boldsky.com, dopamin, serotonin, oksitosin, estrogen, dan progresteron memiliki peran penting dalam memengaruhi rasa bahagia yang kita rasakan. Pada hari-hati kita merasa muram atau dilanda bad mood, ada beberapa cara alami yang bisa kita coba untuk meningkatkan hormon bahagia ini.

1. Olahraga

Sepertinya kita sudah sering mendengar saran untuk berolahraga demi membuat hati lebih bahagia. Hal itu memang benar. Didukung oleh hasil penelitian, olahraga selama 20 hingga 30 menit setiap hari bisa bantu meningkatkan suasana hati kita, membantu kita mendapat tidur yang lebih nyenyak, dan menghilangkan pikiran negatif. Olahraga bisa meningkatkan produksi endorfin dna serotonin yang dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan energi tubuh kita.

2. Meditasi

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan hormon bahagia adalah dengan latihan meditasi. Dampaknya terhadap kesehatan mental sangatlah besar karena bisa membangkitkan hipotalamus untuk memicu pelepasan endorfin dari kelenjar pituitari. Latihan meditasi selama sedikitnya 10 menit setiap hari dengan memusatkan latihan pada pernapasan bisa membantu pikiran lebih rileks dan menghadirkan perasaan bahagia.

 

3. Mendapatkan Sinar Matahari

Sinar matahari yang cerah bisa bantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Saat suasana hati sedang muram atau mengalami hari yang buruk, coba nikmati cahaya matahari pagi yang hangat. Bisa sambil jalan-jalan santai atau duduk menghabiskan waktu beberapa menit minum teh sembari berbincang dengan orang yang kita cintai. Sepuluh atau 15 menit mendapatkan sinar matahari hangat bisa bantu meningkatkan mood jadi lebih baik.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B

Gejala-gejala kekurangan vitamin B meliputi perasaan gampang tersinggung, susah berkonsentrasi, dan sering lupa. Hal ini bisa jadi pertanda tubuh sangat butuh suplai vitamin B yang cukup untuk meningkatkan produksi dopamin, serotonin, dan norepinefrin. Coba konsumsi makanan kaya vitamin B yang bisa didapat dari beras merah, gandum utuh, dan sayuran seperti kale, bayam, dan brokoli.

Kita bisa menciptakan dan meningkatkan rasa bahagia dengan beberapa cara yang cukup efektif seperti yang disebutkan di atas. Semoga info ini bisa jadi referensi yang bermanfaat untuk membuatmu bisa bersemangat dan bahagia menjalani rutinitasmu.

 

#GrowFearless with FIMELA

PLAYLIST VIDEO 5 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Diary Fimela: Produk Fashion Bertema Budaya Betawi Makin Laris Saat Pandemi
Artikel Selanjutnya
Ramai Pertanyaan Jakarta Lockdown? Pemerintah Terapkan Pembatasan Mobilitas di 10 Ruas Jalan Ibu Kota