Sukses

Lifestyle

Cara Agar Tepung Panir pada Gorengan Tidak Mudah Rontok

ringkasan

  • Balut Gorengan dengan Tepung Panir
  • Simpan Gorengan di Lemari Es
  • Goreng dengan Minyak Banyak

Fimela.com, Jakarta Gorengan yang dilapisi dengan tepung panir akan terasa lebih enak dan menggugah selera. Lapisan tepung panir pada gorengan juga membuat tekstur gorengan lebih renyah dan khas.

Tepung panir adalah tepung dengan tekstur butiran kecil dan berwarna lebih gelap. Tepung panir mirip dengan tepung roti tapi teksturnya lebih halus atau butirannya lebih kecil. Biasanya, tepung panir digunakan untuk lapisan luar risoles, nugget, kroket, bitterballen, pisang cokelat dan sejenisnya.

Perlu kita tahu, menggoreng gorengan dengan lapisan tepung panir bisa dibilang gampang-gampang susah. Jika kita tidak teliti, lapisan tepung panir pada gorengan bisa saja lepas atau rontok dan menghasilkan gorengan dengan tampilan yang kurang cantik. Lalu, bagaimana cara untuk menjaga kerekatan tepung panir agar tidak rontok saat digoreng?

Cara Mencegah Tepung Panir Rontok

Balut Gorengan dengan Tepung Panir

Cara pertama yang perlu diperhatikan adalah proses membalut gorengan dengan tepung panir secara tepat. Buat celupan telur yang telah dikocok lepas kemudian celupkan gorengan ke dalam celupan telur, selanjutnya gulingkan gorengan ke tepung panir secara perlahan. Taburkan tepung panir ke dalam gorengan yang telah dilapisi kocokan telur hingga merata.

Simpan Gorengan di Lemari Es

Sebelum menggoreng gorengan, usahakan untuk menyimpan dulu gorengan ini di dalam lemari es. Meletakkan gorengan ke dalam lemari es yang telah dilapisi tepung panir akan membuat tepun panir melekat sempurna. Ini juga membuat gorengan yang dihasilkan nantinya lebih renyah di luar dan lembut di dalam.

Goreng dengan Minyak Banyak

Jika gorengan sudah disimpan di lemari es dan tepung panir menempel sempurna, saatnya menggoreng gorengan. Goreng dengan minyak banyak atau sampai merendam semua gorengan (deep fry). Cara menggoreng seperti ini akan membantu tepung panir menempel dengan baik pada gorengan. Usahakan agar tidak keseringan membalik gorengan selama proses menggoreng. Balik gorengan jika bagian bawah gorengan sudah kering, garing serta matang.

Itulah cara menggoreng gorengan yang dilapisi tepung panir agar tepung panir tersebut tidak mudah rontok atau lepas. Selamat mencoba cara ini dan semoga tips menggoreng ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading