Sukses

Lifestyle

Jangan Buru-Buru Keluar dari WAG Keluarga, Yuk Pertahankan Hubungan dengan Orangtua

Fimela.com, Jakarta Rasa cinta pada orangtua memang tak perlu diragukan lagi. Tapi terkadang, mempertahankan hubungan baik dengan orangtua sering mengalami jalan yang terjal. Daripada bikin mereka tersinggung karena keputusanmu meninggalkan WAG keluarga karena malas terlibat dalam argumen panas, gunakan beberapa cara berikut ini untuk menjaga ikatanmu dengan orangtua agar tetap harmonis.

Anggap Berbicara pada Teman

Bicaralah dengan orangtua seperti pada teman sendiri. Jangan batasi percakapan hanya pada urusan keluarga atau kehidupan pribadimu. Ada dunia yang sangat luas di luar sana, mengapa tidak menjelajahinya dengan ibu seperti yang kamu lakukan dengan seorang teman? Peristiwa terkini, olahraga, pekerjaan, masalah lingkungan setempat, hingga politik bisa jadi topik pembicaraan yang menyenangkan.

Pertahankan Selera Humor

Saat berurusan dengan orangtua, tawa bukan hanya mengatasi stres tapi juga membantu menjalin ikatan. Ceritakan beberapa lelucon yang kira-kira cocok dengan selera humor mereka, bagikan gambar atau video lucu, atau saksikan acara TV yang menggugah tawa. Jika kamu bisa tertawa bersama orangtua, maka hubunganmu akan lebih mudah untuk dipertahankan.

Jujur pada Orangtua

Jika kamu mencintai ibu dan ayah tapi mereka membuatmu merasa kurang nyaman, maka kebencianmu dapat menggerogoti hubunganmu. Jadi jangan hanya diam, komunikasikan dengan nada yang lembut dan penuh rasa hormat.

Misalnya, jika ibu terus menelponmu ke tempat kerja, katakan jika atasanmu mulai memperhatikan. Meskipun senang mendapat perhatian, tapi hal tersebut mulai mempengaruhi kinerja pekerjaanmu. Temukan solusi bersama dengan mendapatkan waktu yang tepat untuk saling menelepon dan memberi kabar.

Jangan Simpan Banyak Rahasia

Bagaimana rasanya jika orangtua jadi yang terakhir tahu kamu sudah punya pasangan atau merencanakan untuk resign dan memulai usaha sendiri. Walau mungkin dianggap sepele, urusan ini bisa menyinggung perasaan ibu, lho. Jangan menyimpan terlalu banyak rahasia dari sang ibu. Orangtua hanya menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Jado jangan ragu untuk menjadikannya sebagai sosok sahabat terbaik.

Hindari Meminta Saran Orangtua

Terkadang, meminta saran orangtua adalah caramu untuk meminta persetujuannya. Jika itu masalahnya, ingatlah bahwa kamu sudah dewasa sekarang dan lebih dari mampu memilih karpet ruang tamu atau mobil sendiri. Jika yang menawarkan saran tanpa diminta, tersenyum saja lalu ucapkan terima kasih. Fokuslah pada fakta bahwa mereka ingin yang terbaik untuk anak-anaknya, kemudian tentukan pilihan sendiri tanpa rasa bersalah.

Hindari Menanggapi dengan Negatif

Tidak jarang hubungan dengan orangtua jadi memanas karena kamu memberikan reaksi negatif saat menanggapi jawaban, saran, maupun pertanyaannya. Kamu yang sudah memasuki usia dewasa sebaiknya sudah paham kondisi yang ada dan ganti mengalah. Bersabarlah pada sosok orangtua yang sudah membesarkanmu selama ini dan sebisa mungkin kendalikan emosi sebelum bereaksi.

Biarpun hubungan dengan orangtua nggak selamanya harmonis, tapi ingatlah bahwa mereka yang sudah membesarkan hingga menjadi anak yang seperti sekarang ini. Mereka tanpa ragu memberikan perlindungan untuk anak-anaknya, misalnya dengan memiliki asuransi anak yang dapat memberikan perlindungan kepada buah hati tercintanya secara menyeluruh. (eth)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading